Home Opini Hastag (#) Boikot Produk Perancis

Hastag (#) Boikot Produk Perancis

0

Oleh : Indah Lidia Sari (Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Raden Fatah Palembang)

BERKENAAN pada memperingati hari kelahiran nabi muhaammad saw. Dunia islam dikejutkan dengan sebuah poster karikatur yang berada pada salah satu kota di Perancis, poster yang dianggap melukai hati para warga muslim dunia itu adalah poster yang di tampilkan oleh majalah Charlie Hebdo yang mengambarkan nabi Muhammad saw.

Lantas peristiwa ini memicu kemarahan presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan adalah presiden resmi turki yang sangat berpengaruh di setiap peryataanya, presiden hang sangaat taat agama ini sontak memberikan respon berupa kecaman terhadap negara perancis. Tentu saja dampak dari penerbitan karikatur tersebut menimbulkan polemik pada negara-negara islam, seperti negara irak,palestina, libya, Turki, surya dan negara islam lainya.

Salah satu bentuk tindakan yang ditunjukan oleh negara islam yaitu negara turki melalui presidenya negara turki sangat geram dengan tindakan yang di lakukan oleh perancis tersebut di tambah dengan pernyataan presiden perancis Macron yang memyatakan negaranya tidak akan berhenti menerbitkan karikatur yang mengambarkan nabi Muhammad Saw.

Tanpa berfikir panjang presiden turki Recep Tayyib Erdogan menyerukan aksi boikot terhadap produk-produk yang berasal dari perancis, karena sikap yang di tunjukan oleh presiden Macron cenderung mengajak dan melakukan penhinaan terhadap Nabi Muhammad Saw.

“sekarang saya menyerukan terhadap bangsa saya, sebagaimana yang terjadi di perancis untuk tidak membeli merek-merek perancis, maka saya menyerukan kepada bangsa saya di sini dan mulai sekarang jangan perhatikan produk-produk dan barang yang berlabelkan Perancis, jangan beli barang-barang itu” ucap Erdogan dalam pidato televisi pada Senin(26/10)

Sontak peryataan ini menyulut kan kemarahan umat islamdi seluruh dunia untuk memboikot dan menyerukan aksi hastag (#) boikot produk perancis, bukan hanya aksi boikot produk lerancis, aksi-aksi lainya pun di lakukan oleh umat muslim di penjuru dunia. Salah satu contoh aksi yang dilakukan oleh negara muslim yaitu di negara indonesia sendiri masyarakat muslim melakukan aksi demomstrasi dengan tujuan mengecam pernyataan presiden perancis dan melakukan protes terhadap karikatur yang menampilkan gambar nabi Muhamad Saw. (*)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here