Home Palembang Ishak Mekki Terus Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan Agar Terpatri dalam Kehidupan Masyarakat

Ishak Mekki Terus Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan Agar Terpatri dalam Kehidupan Masyarakat

0
Suasana sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang disampaikan Anggota MPR RI Ishak Mekki di Kelurahan Sukamaju, Sako, Palembang, Rabu (18/11).

PALEMBANG, PE – Empat Pilar Kebangsaan yang terdiri atas Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika harus terus disosialisasikan agar terpatri dalam kehidupan masyarakat, kata anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Ir H Ishak Mekki MM.

“Empat Pilar Kebangsaan yang biasa disebut Empat Konsensus Dasar Bernegara merupakan satu kesatuan nilai gerak dari berbangsa dan bernegara yang terus dan perlu disosialisasikan kepada masyarakat agar terpatri dalam diri dan benak masyarakat serta kehidupan mereka,” tutur Ishak dalam pemaparannya dalam acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Sako, Kota Palembang, Rabu (18/11).

Acara sosialisasi ini sendiri diikuti tokoh masyarakat, para pemuda, ibu-ibu pengajian dan PKK serta perwakilan dari sejumlah organisasi kemasyarakatan setempat. Lebih lanjut, Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) periode 2013-2018 itu mengatakan Empat Pilar Kebangsaan merupakan salah satu acuan penting yang terus disampaikan kepada masyarakat untuk dijadikan sebagai landasan pikir dan gerak.

“Oleh karenanya, kematangan berpikir dalam memahami konsep Empat Pilar Kebangsaan menjadi dasar dari kelembagaan masyarakat dalam bersosialisasi sehingga tidak menjadi antipati dalam perubahan atau menjadi penonton di tengah perubahan, melainkan dapat mengambil peran strategis dalam perubahan tersebut,” kata politisi Partai Demokrat Daerah Pemilihan (Dapil) Sumsel ini semangat.

Mantan bupati Ogan Komering Ilir (OKI) dua periode ini mengatakan, sosialisasi tersebut perlu dilakukan secara rutin sebagai upaya untuk menyampaikan nilai-nilai dari berbangsa dan bernegara seperti nilai-nilai toleransi, tenggang rasa, dan kegotongroyongan.

“Nilai-nilai tersebut harus menjadi landasan pergaulan keseharian, agar tidak terjadi inharmonisasi dalam kehidupan bermasyarakat,” pungkasnya.

Sosialisasi empat pilar kebangsaan tersebut diakhiri dengan tanya jawab antara Anggota MPR RI, Ishak Mekki dengan para peserta di tengah suasana kekeluargaan yang tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19. RIL/ARZ

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here