Home Sumsel Kayu Agung Pelajar di OKI Dibekali Ilmu Penanganan Bencana

Pelajar di OKI Dibekali Ilmu Penanganan Bencana

0
Pemberian materi penanganan bencana kepada para pelajar di OKI, dengan melibatkan para anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) sebagai pemberi materi dan simulasi.

KAYUAGUNG, PE – Sebagai antisipasi dan pencegahan serta penanggulangan bencana, baik untuk diri sendiri dan masyarakat harus memiliki pengetahuan serta kecakapan di bidang bencana. Apalagi di lingkungan sekolah, jelas para siswa/siswi dan pengajar tentu belum menguasai ataupun memahami tentang bagaimana penanggulangan bencana apabila terjadi di lingkungannya.

Hal tersebut membuat Departemen Sosial Republik Indonesia melalui Dinas Sosial Propinsi Sumatera Selatan dan Dinas Sosial Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) berinisiatif memberikan pengetahuan tentang Kebencanaan, dengan melibatkan langsung para anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) sebagai pemberi materi dan simulasi langsung kepada siswa/siswi dan para pengajar di sekolah, Rabu (25/6).

Adapun Tagana Go To School akan dilaksanakan ke sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten OKI dan untuk pertama kalinya Tagana Go To School dilaksanakan di Ponpes Ma’had Usmani di Vila Kuda Mas (Muara Baru) Kayuagung, Selasa (24/11) kemarin.

Acara dipusatkan di masjid dan lapangan Ponpes Ma’had Usmani. Kegiatan Sosialisasi Bencana ini dihadiri langsung oleh Kepala Sekolah Ponpes Ma’had Usmani, para guru, siswa/siswi, Kepala Dinas Sosial H Reswandi SP MM, Kepala Bidang Linjamsos Dinsos OKI, Zainani SSos, Kasi PSKBS Dian Ekasari D SKM dan lima Anggota Tagana OKI (Muhammad Salim, Ahyaudin, Marzuki, Andi Saputra dan Jumadi).

Kepala Dinas Sosial OKI, H Reswandi mengatakan, baru pertama kali ini Taruna Siaga Bencana (TAGANA) masuk sekolah (TMS) di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) untuk berbagi Ilmu dan berbagi pengalaman dalam menanggulangi, mengantisipasi dan kesiapsiagaan Bencana Alam dan Bencana Non Alam yang sering terjadi di Bumi Bende Seguguk.

“Kegiatan Sosialisai ini meliputi cara menanggulangi bencana jika terjadi, antisipasi dan tanggap darurat. Agar anak -anak didik di sekolah mendapat ilmunya serta memahami dan mengetahui tugas dari Tagana sendiri,” ungkapnya.

Koordinator Tagana OKI, Muhammad Salim mengatakan, kegiatan seperti ini baru kali pertama dilakukan oleh Anggota Tagana, sebab selama ini hanya divlapangan dan ini suatu momen yang sangat berharga tentunya agar menjadi sebuah ilmu yang berguna untuk para pelajar di OKI.

“Selain materi, akan kita lakukan sedikit simulasi agar kiranya adik-adik pelajar di sekolah memahami pentingnya pengetahuan serta tindakan apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana di daerah mereka. Materi yang akan disampaikan yakni bagaimana cara kita menghadapi jika terjadi bencana, sebelum dan sesudah bencana. Minimal dapat menolong dirinya sendiri, keluarga dan orang lain serta memberikan pengetahuan tentang jenis-jenis bencana kepada para pelajar ini,” tambahnya.

Kepala Sekolah Tingkat SMA Ponpes Ma’had Usmani Ilmu Al quran, Indawani mengaku sangat berterima kasih kepada Dinas Sosial OKI dan lara anggota Tagana karena telah meluangkan waktu untuk memberikan materi tentang bencana dan kesiapsiagaan.

“Tentunya kami sangat mengapresiasi kegiatan ini bisa dilaksanakan dan pertama sekali di OKI dapat dilaksanakan di Ponpes ini, yang pertama menjadi contoh,” tandasnya. IAN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here