Home Sumsel Musi Banyuasin Pelantun Lagu “Memandangmu” Akui Pernah BAB Sembarangan

Pelantun Lagu “Memandangmu” Akui Pernah BAB Sembarangan

0
Duta Air Minum dan Kesehatan Lingkungan, Ikke Nurjanah.

SEKAYU, PE- Pedangdut papan atas Ikke Nurjanah mendatangi Kota Sekayu, Musi Banyuasin. Kedatangan, Duta Air Minum dan Kesehatan Lingkungan ini tidak hanya memberikan suara emasnya, melainkan mengkampanyekan untuk melakukan Perilaku Hidup Bersih (PHBS) dengan tidak Buang Air Besar (BAB) Sembarangan.

Bagaimana tidak, pelantun lagu “Memandangmu” ini sendiri pernah menjadi pelaku BAB sembarangan. Hal itu disampaikan, Ikke kepada awak media usai menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-56 di Opproom Muba, maupun yang hadir secara virtual, Kamis (19/11).

Wanita yang telah berhijab ini menceritakan semasa kecil dirinya, yang merupakan pelaku BAB Sembarangan di tahun 1980-an.

“Kalau di sini (Kabupaten Muba) disebutnya bong, kalau dikampung saya kecil dulu di Jakarta Utara, Pademangan, kita menyebutnya WC Helikopter,” ujar Ikke.

Diakuinya, dirinya saat kecil kerap BAB di kali dekat rumahnya, apalagi saat itu jarak toilet ke rumahnya cukup jauh sekitar 300 meter. Hal menarik lainnya, Ikke mengaku jika hendak buang air, dirinya harus bawa ember dan payung

“Payung bukan cuma buat terhindar panas, rumah kita dibelakangnya ada bandara Kemayoran, jadi buat nutupin kelihatan dari pesawat,” ucapnya terkekeh.

Tapi dijelaskan mantan isteri Aldi Bragi ini, hal tersebut merupakan masa lalu. Kini dia mengajak semua pihak untuk stop buang air besar sembarangan, apalagi di tempat seperti bong di pinggir sungai.

Ikke mendukung langkah pemusnahan bong, terlebih yang dilakukan Pemkab Muba ini, sebab perilaku BAB sembarangan kata dia tidak sehat. Duta Air Minum dan Penyehatan Lingkungan ini mengapresiasi langkah-langkah pemerintah yang mendorong prilaku hidup bersih dan sehat, termasuk stop BAB sembarangan.

“Bahkan kalau mau nikah, ditanya dulu pasangannya, punya toilet gak,” ucapnya. MUH

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here