Home Headline News Peserta Pameran Temporer Mulai Datangkan Benda Bersejarah

Peserta Pameran Temporer Mulai Datangkan Benda Bersejarah

0

PALEMBANG, PE – Sejumlah komunitas sejarah mulai mempersiapkan benda yang akan dipamerkan dalam Pameran Temporer yang diselenggarakan Museum Negeri Sumatera Selatan, Sabtu (7/11).

Dari hasil pantauan, para pecinta sejarah mulai mendaftarkan dan menata koleksi benda yang sudah tersedia dalam tata pamer berlapis kaca. Salah satunya Ki Agus Ismail Rifai, pemilik Andalas Koleksi. Anggota Komunitas Antik Kreatif Sriwijaya atau KOMPAK ini akan memamerkan kitab asli Simbur Cahaya, koran Palembang yang diterbitkan pada masa pendidikan jepang ‘Nippon Palembang Shimbun’ dan lainnya.

“Semua yang kami pamerkan disesuaikan dengan tema yang ada. Kami berharap koleksi ini bisa menambah keilmuan kita dalam memahami sejarah,” kata Ismail.

Selain Andalas Koleksi, ada juga mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang yang tergabung dalam Komunitas Pecinta Sejarah, Uswatun Hasanah. Dalam momen Pameran Temporer ini, pihaknya memamerkan alat tradisional dalam mengelola hasil bumi seperti bubu untuk menangkap ikan, tepak siri, lesung padi dan lainnya.

“Sebagai mahasiswa yang konsentrasi dalam ilmu sejarah, momen ini sangat tepat untuk berkontribusi kepada masyarakat luas agar mencintai sejarah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Museum Negeri Sumatera Selatan, H Chandra Amprayadi menjelaskan, Pameran Temporer merupakan kegiatan tahunan dari museum milik Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

“Walau saat ini masih pandemi Covid-19, kita tetap berupaya mengedukasi masyarakat tentang sejarah tanpa melupakan protokol kesehatan,” kata H Chandra.

Lebih jauh dia menjelaskan, pameran temporer ini akan dilaksanakan selama 9 hari, 10-19 November mendatang.

“Alhamdulillah respon komunitas sangat baik, tercatat ada 17 komunitas dengan 28 peserta pameran. Dan salah satu peserta pameran sendiri berasal dari Basoeki Abdullah Jakarta,” terangnya. RIS

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here