Home Pendidikan Polsri Kaji Program Assesmen Kurikulum dengan IDUKA

Polsri Kaji Program Assesmen Kurikulum dengan IDUKA

0

PALEMBANG, PE – Civitas Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) terus berupaya menselaraskan ilmu akademik dengan kebutuhan industri, dunia usaha dan dunia kerja atau (IDUKA). Seperti yang dilakukan Program Studi Sarjana Terapan Polsri yang melaksanakan Forum Group Discussion (FGD) Program Assesmen Kurikulum dengan IDUKA, di Hotel eExelton Palembang, Kamis (12/11).

Dalam FGD kali ini dihadiri sejumlah IDUKA seperti PT. Aplikanusa Lintasarta, Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Kelas 1, PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk, PT. Pupuk Sriwijaya, PT. Icon+ Palembang dan PT. Smartfren Telecom.

Wakil Direktur IV bidang kerjasama Drs. Zakaria, M.Pd, menjelaskan, tujuan penyelenggaraan kegiatan ini untuk mengevaluasi kurikulum Prodi Teknik Telekomunikasi yang selaras dengan kebutuhan industri.

“Penyelarasan kurikum yang mengharapkan masukan dari pihak industri untuk mendorong mutu pendidikan vokasi seiring dengan perkembangan teknologi yang setiap waktu terus berkembang,” terangnya.

Dalam kegiatan ini, sambung Zakaria, setiap IDUKA memberikan pandangan terkait kurikulum yang sedang dijalankan sat ini dan memberikan masukannya dengan kondisi perkembangan teknologi di dunia industry terutama di bidang telekomunikasi.

Sementara itu, Manager Data Manajemen PT. Telkom Indonesia, Tbk, Bertha Andriyaty, mengaku, perusahaan milik negara tersebut membutuhkan karyawan yang memiliki sikap dan perilaku yang baik, selebihnya baru keahlian.

“60% Attitude dan 40% Skill adalah yang dibutuhkan di perusahaan khususnya PT. Telkom,” sebut dia.

Sementara terkait kurikulum masukannya antara lain dengan meng-upgrade Bahasa Inggris (TOEFL, TOEIC, IELTS), KKK (Work Safety and Labor Law), Teknik Saluran Transmisi dengan memahami backbone yang merupakan kunci dalam dunia transmisi, Komunikasi Optik, Etika Profesi, Sistem berbasis Internet of Things.

“Communication skill dapat diimplementasikan dalam struktur kurikulum, terkait tren hari ini yang dibutuhkan adalah kolaborasi dan communication skill merupakan kuncinya,” jelasnya. RIL

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here