Home Pendidikan Bahas Design Sarpas PTKI, Hasilkan 8 Rancangan Strategi Ini

Bahas Design Sarpas PTKI, Hasilkan 8 Rancangan Strategi Ini

0

PALEMBANG, PE – Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ditjen Pendidikan Islam Subdit Kelembagaan bersama Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang membahas grand design Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) dalam perspektif sarana dan prasarana.

Dalam pertemuan ini yang menghadirkan Ditjen Pendis Kemenag RI ini menghasilkan delapan tujuan strategis. Kedelapan rancangan tersebut yakni keterjangkauan, kesetaraan dan keterjaminan akses untuk memperoleh PendidikanTinggi Islam yang bermutu.

Kemudian meningkatkan jumlah, kapasitas dan kapabilitas kelembagaan Pendidikan Tinggi Islam. Terbangunnya Sistem Direktorat PendidikanTinggi Islam yang mampu menjalankan tugas dan fungsi layanan publik secara efektif dan efisien. Menjadikan Pendidikan Tinggi Islam yang otonom dalam kerangka transparansi dan akuntabel dengan partisipasi pemerintah daerah, masyarakat, dan pihak lainnya.

Selanjutnya, menyediakan Pendidikan Tinggi Islam yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan pembangunan nasional sehingga berkontribusi secara nyata kepada peningkatan daya saing ummat dan bangsa. Mendorong kemitraan Perguruan Tinggi Islam dengan masyarakat yang mencerminkan hubungan timbale balik yang selaras dan bermanfaat. Meningkatkan mutu dan relevansi kegiatan akademik dan non akademik bagi mahasiswa PendidikanTinggi Islam. Dan terakhir, menyediakan Desain Sistem Integrasi ilmu pengetahuan, agama, dan teknologi.

Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Muda, UIN Raden Fatah Palembang, Dra. Elisma Harfiani, M.M. mengatakan, kegiatan swakelola Grand Design Pengembangan kelembagaan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam di Indonesia bertujuan untuk menyusun naskah disain dan road map pengembangan kelembagaan PTKI.

Dari sini nantinya bisa menjadi panduan bagi Kementerian Agama, dalam hal ini Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), dalam merancang desain pengembangan kelembagaan pendidikan tinggi keagamaan Islam di lingkungan Kementerian Agama.

Kemudian menjadi acuan bagi Direktorat PTKI dalam merumuskan perencanaan pengembangan kelembagaan PTKI. Menjadi tolok ukur bagi perguruan tinggi keagamaan Islam dalam merancang rencana pengembangan pendidikan tinggi kegamaan Islam yang sesuai cita-citanya.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama satu pekan mulai tanggal 23 hingga 30 Desember 2020 dengan lima agenda Expert Meeting Daring yakni grand design pengembangan lembaga PTKI perspektif kelembagaan, perspektif sarpras, perspektif ketenagaan, perspektif akademik, serta perspektif penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” jelasnya. RIS

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here