Home Parlemen & Politik Dapil III Berjuang Bersama-Sama

Dapil III Berjuang Bersama-Sama

0
Muchendi Mahzarekki Ishak Mekki SE (Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel/Fraksi Demokrat) saat melakukan reses di Mesuji, OKI.

MESUJI, PE – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Daerah Pimilihan (Dapil) III, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Ogan Ilir (OI) menggelar reses tahap III Tahun 2020. Sesi pertama dilaksanakan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), 7-12 Desember 2020.

Titik pertama tempat menjaring aspirasi masyarakat dilaksanakan di Kantor Camat Mesuji, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kamis (10/12/2020). Kemudian dilanjutkan ke Kecamatan Lempuing dan Kecamatan Lempuing Jaya.

Anggota DPRD Provinsi Sumsel Dapil Sumsel III terdiri dari 12 orang. Sebut saja H Muchendi Mahzarekki Ishak Mekki SE (Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel/Fraksi Demokrat), H Askweni (Fraksi PKS/ koordinator reses), H Nawawi (Fraksi Golkar), Sri Sutandi (Fraksi Nasdem), H Ali Imron (Fraksi Hanura), dan Meri (Fraksi PKB).

Kemudian Raden Gempita (Fraksi Gerindra), Ahmad Firdaus (Fraksi Perindo), Junaidi (Fraksi PAN), Ike Maya Sari (Fraksi PDI Perjuangan), Meli Mustika (Fraksi PDI Perjuangan), dan Kanovriyandi Rasyid (Fraksi Demokrat).

Masih seperti dalam agenda reses sebelumnya, reses kali ini tetap mengutamakan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Seperti cuci tangan gunakan sabun dengan air yang mengalir. Kemudian jaga jarak dan semua peserta pakai masker.

Bahkan sesi tanya jawab ditiadakan untuk mempersingkat waktu dan menghindari kerumunan. Jadi masyarakat yang datang dengan jumlah terbatas, hanya diberi kesempatan untuk menyampaikan aspirasi lewat sebuah surat atau proposal.

“Ini reses terakhir tahun 2020. Tahun depan lanjut lagi. Mudah mudahan setelah pertemuan ini berangsur bisa direalisasikan,” ujar Muchendi, sapaan akrab H Muchendi Mahzarekki Ishak.

Putra sulung H Ishak Mekki mantan Bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir dua periode) menambahkan, aspirasi dari pada masyarakat OKI cukup beragam. Mulai dari infrastruktur, peningkatan status tempat layanan kesehatan) (puskesmas), irigasi bahkan minta diperhatikan nasib tenaga Honorer.

“Kita akan perjuangkan bersama-sama dengan Anggota DPRD Sumsel Dapil III lainnya, untuk OKI yang kita cintai. Beberapa usulan dari reses sebelumnya bahkan sudah kita usulan, dan Insya Allah akan direalissikan tahun depan,” sambung Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel ini.

Selain infrastruktur, lanjut Kordinator Komisi V DPRD Sumsel ini, insentif untuk guru terutama SMA dan SMK juga turut diperjuangkan. “Karena SMA dan SMK itu tanggung jawab Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel. Mudah-mudahan bukan cuma jalan. Namun manusianya juga kita perhatikan,” tukas politisi Partai Demokrat ini.

Menanggapi semua aspirasi tersebut, Koordinator Dapil III, Askweni mengatakan, setelah turun langsung kelapangan, ternyata masih banyak PR yang harus diselesaikan, diantaranya diantara jalan Desa Tulung Harapan.

“Disini mereka sudah ada siskamling terpadu. Ini sangat bagus, sehingga patut untuk di backup. Nanti aspirasi ini akan kita sampaikan pada Pemkab dan guberynur,” tandasnya.

Sedangkan untuk aspirasi lainnya, politisi PKS ini mengatakan akan mempelajari dan meneruskannya pada pihak yang berwenang. Untuk usulan peningkatan status rumah sakit, Askweni mengatakan kalau sejak dulu pihaknya sudah meminta agar pemerintah melengkapi semua Puskes, sehingga bisa melayani rawat inap dan 144 penyakit lainnya.

“Untuk usulan infrastruktur akan kita sampaikan ke Pemda agar bisa direalisasikan menggunakan Bangub. Kami sendiri akan ikut mengawal dana tersebut dalam APBD 2021,” ujarnya. JAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here