Home Palembang Lihat Foto Punti Kayu, HD Teringat Putrinya

Lihat Foto Punti Kayu, HD Teringat Putrinya

0
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menjepretkan kamera sebagai tanda dibukanya Pameran Foto Jurnalistik Kilas Balik 2018-2019 di Atrium OPI Mal, Kamis (3/12).

PALEMBANG, PE – Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru antusias melihat hasil karya fotografer pada Pameran Foto Jurnalistik Kilas Balik 2018-2019 di Atrium OPI Mal, Kamis (3/12). Ia tertegun saat melihat salah satu foto di kategori foto story.

Enam foto hasil jepretan seorang freelancer, Nurfikri, memperlihatkan sepinya Taman Wisata Punti Kayu akibat terpaan pandemi Corona. Ia pun teringat sesuatu.

“Punti Kayu waktu itu baru buka. Ketika itu Percha Leanpuri (putrinya) masih kecil. Saya ajak keluarga ke sana. Mungkin dulu angsa-angsanya seken. Jadi pedalnya ada yang goyang. Terkena ujung pedal itu kakinya. Sampai luka robek,” katanya mengenang momen tersebut.

Gubernur membuka Pameran Foto Jurnalistik Kilas Balik 2018-2019 di Atrium OPI Mal, hari ini. Acara yang digelar Pewarta Foto Indonesia (PFI) Palembang berlangsung selama tiga hari, 3-5 Desember 2020.

“Karya PFI ini, saya anggap butuh keberanian untuk menampilkan hasil bidikan, yang kadang harus kontroversial. Tapi tetap pada segmen tertentu, harus mendidik. Sesuai dengan situasi saat ini. Misalnya ada diselipkan protokol kesehatan,” kata HD.

Dalam sambutannya, ia mengatakan, agar setiap momen dapat menjadi sejarah dan terjaga dengan baik, perlunya dokumentasi yang baik juga.

“Hari ini, saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kegiatan positif di masa pandemi Corona seperti sekarang. Dengan dirangkai berbagai acara menarik lainnya, dengan lokasi yang strategis, semakin menarik minat pengunjung untuk datang ke arena pameran foto,” ucapnya.

Bicara fotografi, ia melanjutkan, bukan sekadar menjepret kamera. Ada banyak makna dan tujuan yang harus dapat diabadikan. Foto yang diabadikan dengan kamera, sebaiknya bisa menceritakan apa yang terjadi. Dengan kata lain, memiliki rangkaian cerita sesuai tema. Atau gambar yang berbicara.

“Kegiatan ini sangat bagus untuk terus dilakukan di tahun-tahun mendatang. Fotografer juga dapat mengasah kemampuan dan membantu mempromosikan kegiatan Pemprov Sumsel melalui foto yang diambil,” tukasnya.

Sementara Ketua PFI Palembang Abriansyah Liberto mengatakan, ini merupakan pameran kilas balik yang keenam. Diikuti 32 fotografer dan 350 foto.

Foto yang ditampilkan merupakan kejadian-kejadian dari tahun 2018 hingga 2019. Event-even besar seperti Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif, kebakaran hutan dan lahan, serta Asian Games 2018.

“Untuk Covid-19, kita ada tema sendiri. Kita buat highlight untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan. Kami tampilkan beberapa foto Covid-19, seperti masyarakat memakai masker. Itu untuk mengedukasi masyarakat. Pameran foto ini juga untuk mengapresiasi masyarakat,” terangnya.

Selain pameran, ada beberapa rangkaian kegiatan lain. Yakni diskusi fotografi secara daring lewat aplikasi Zoom dengan mengangkat tema ‘Membuat Photostory Perjalanan’. Narasumber diskusi ini, Safir Makki, fotografer CNN Indonesia. Lalu pameran virtual dan lomba foto di lokasi pameran.

“Foto yang dipamerkan ini telah melalui tahap kurasi selama seminggu. Total ada 3000 foto yang masuk dari teman-teman PFI Palembang,” katanya. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here