Home Headline News Palpres Terima Penghargaan dari Balai Bahasa

Palpres Terima Penghargaan dari Balai Bahasa

0
Kepala Balai Bahasa Sumsel, Drs Umar Solikhan M Pd saat memberikan penghargaan kepada Harian Umum Palembang Ekspres, yang diwakili Citra Utama sebagai Redaktur.

PALEMBANG, PE – Harian Umum Palembang Ekspres (Palpres) menerima penghargaan dari Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), dalam hal pengutamaan penggunaan bahasa Indonesia di media massa lokal.

Foto Alhadi/PALPRES

Penghargaan diberikan langsung oleh Kepala Balai Bahasa Sumsel, Drs Umar Solikhan M Pd kepada Harian Umum Palembang Ekspres yang diwakili Citra Utama sebagai Redaktur.

“Penghargaan yang diberikan ini sebagai apresiasi kita dalam hal pengutamaan penggunaan bahasa Indonesia ruang publik,” ujarnya disela-sela kegiatan di Emilia Hotel, Kamis (10/12).

Ia menuturkan, bahwa pengunaan bahasa Indonesia di ruang publik masih belum memuaskan. “Pemakaian bahasa Indonesia di ruang publik masih belum memuaskan, karena menurut data yang kita dapatkan dari hasil di lapangan bahwa kondisi kebahsaaan dalam konten 413 Kabupaten/Kota baru 110 Kabupaten/Kota terkendali penggunaan bahasa Indonesia,” katanya.

Sedangkan di Sumsel dari 17 Kabupaten/Kota hingga saat ini belum terkendali dan tidak termasuk dalam kategori A, melainkan masuk dalam kategori B hingga D seperti Pagaralam, Lubuklinggau, Palembang, OKU Timur, Pali, Muaratara dan lainnya.

Oleh karena itu, dia mengharapkan pengunaan Bahasa Indonesia di ruang publik dapat meningkat. “Kita boleh menggunakan bahasa asing, tapi kita harus membudayakan dan mengutamakan bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional,” ungkapnya.

Selain media masa pihaknya juga memberikan penghargaan dalam hal yang sama kepada Hotel dan Penginapan di Sumsel. “Kita juga memberikan penghargaan kepada hotel dalam kategori yang sama dengan media massa,” tambahnya.

Adapun penghargaan tersebut diberikan kepada enam hotel dan penginapan serta enam media masa lokal di Sumsel antara lain Wisma Atlet, Hotel Win, Hotel Sukarami, Swana Dwipa, Wisma Srijaya, dan Hotel Duta Syariah.

Kemudian Harian OKU Ekspres, Harian Pagaralam Pos, Harian Umum Palembang Ekspres, Harian OKU Timur Pos, Sripo, dan Sumeks.

“Kegiatan ini akan kita gelar terus dan pesertanya akan bertambah kita akan memasukan kategori instansi pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Sumsel,” aku dia.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel, H Firdaus Komar SPd MSi menyambut baik dengan pemberian penghargaan dari Balai Bahasa Sumsel.

“Ini sebagai motivasi media masa untuk terus menggunakan bahasa Indonesia dalam penyampaian ke ruang publik, sehingga perlu diaktifkan kembali Forum Bahasa,” ungkapnya.

Dimana Forum Bahasa akan membahas kata-kata atau bahasa yang disampaikan kepada masyarakat, dengan melibatkan pihak Balai Bahasa Provinsi Sumsel. “Kita harapkan kegiatan ini dapat terus digelar dan dapat di tingkatkan lagi,” tuturnya.

Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sumsel, Ir Agus Kelana MT mengapresiasi langkah yang diambil Balai Bahasa Sumsel, yang memberikan penghargaan kepada hotel dan media massa di Sumsel dalam hal pengunaan bahasa.

“Kita sangat mengapresiasi kegiatan ini, apalagi pengunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar harus digalakkan di ruang publik,” jelasnya.

Ia berharap dengan kegiatan ini akan meningkatkan lagi pengunaan bahasa Indonesia di Kabupaten/Kota di Sumsel yang akan datang. KUR

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here