Home Sumsel Prabumulih Pemkot Prabumulih dan Bank Sumsel Babel Berikan Bantuan Gerobak dan KUR

Pemkot Prabumulih dan Bank Sumsel Babel Berikan Bantuan Gerobak dan KUR

0
Wali Kota Prabumulih Ridho Yahya didampingi Ketua TP PKK, Hj Suryanti Ngesti Rahayu dan Kepala Disperindag, Muktar Edi, serta Pimpinan Cabang Bank BSB Tian Kedaumpu Yamin, saat memberikan bantuan berupa etalase dan gerobak, untuk meningkatkan pendapatan masyarakat Kota Prabumulih.

PRABUMULIH.PE – Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih melalui Dinas Perdagangan dan Penindustrian memberikan bantuan berupa etalase dan gerobak, untuk meningkatkan pendapatan masyarakat Kota Prabumulih.

Penyerahan etalase dan gerobak ini, dilakukan Wali Kota Prabumulih Ridho Yahya didampingi Ketua TP PKK Prabumulih, Hj Suryanti Ngesti Rahayu dan Kepala Dinas Penindustrian dan Perdagangan Disperindag, Muktar Edi, Pimpinan Cabang Bank Sumsel Babel (BSB) Tian Kedaumpu Yamin, di Pendopo  Rumah Dinas (Rumdin) Wali Kota, Rabu (23/12).

Mereka yang menerima bantuan berupa 100 etalase dan 25 gerobak tersebut, merupakan masyakarat kota Prabumulih yang tersebar di enam kecamatan.

Selain bantuan etalase dan gerobak, para pedagang juga mendapatkan pinjaman dari Bank Sumsel Babel (BSB), berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga yang sangat kecil yakni pinjaman Rp 1 juta dengsan pembayaran cicilan Rp 85 ribu perbulan selama 1 tahun.

Wali Kota  Prabumulih Ir Ridho Yahya mengatakan, bagi yang menerima bantuan ini harus menjaganya dengan baik  dan amanah, serta bermanfaat dan berguna bagi para pedagang.

“Sebelum melakukan penyerahan kita sudah terlebih dahulu membuat surat perjanjian, agar gerobak itu bisa digunakan dengan baik serta bermanfaat bagi para pedagang, dan jangan dijual gerobaknya,” kata Ridho.

Dia mengatakan, sebelum diberikan bantuan data-data para pedagang yang mengajukan permintaan terlebih dahulu disurvei. “Jika memang benar mereka berdagang, pasti akan kami bantu,” terang Wali Kota.

Lebih lanjut Ridho menambahkan, ini merupakan permintaan mereka. Mereka datang ke rumah dinas dan meminta bantuan gerobak, artinya apa yang sudah pihaknya berikan bantuan pada tahun lalu, sangatlah  bermanfat bagi para pedagang. “Daripada mereka kita bantu berupa uang, lebih baik para pedagang kita kasih  gerobak dan etalase saja,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Bank Sumsel Babel (BSB) Prabumulih Tian Kedaumpu Yamin, mengatakan  Bank Sumsel dalam kesempatan ini berperan sebagai bank pemberi pinjaman modal usaha berbentuk KUR.

“Sebanyak 125 orang yang menerima bantuan tersebut, nanti datanya kita minta dari Disperindag Parabumulih. Tadi kita sudah  lakukan penyerahan pinjaman sebagai simbolisasi, kepada lima orang penerima bantuan hari ini,” ujarnya.

Untuk pinjaman ini bunganya sangat lunak, yakni pinjaman Rp 1 juta dengan pembayaran 85 ribu perbulan dikalikan 12 bulan jadi bunganya hanya sekitar Rp 20 ribu, sangat lunak.  “Kredit Usaha Rakyat (KUR) ini, tujuannya untuk membantu masyarakat yang memang membutuhkan modal usaha,” pungkasnya. RAY.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here