Home Sumsel Indralaya PT SPF Sulap Kulit Kayu Menjadi Pupuk Kompos Plus

PT SPF Sulap Kulit Kayu Menjadi Pupuk Kompos Plus

0
Sosialisasi cara teori dan praktik limbah kulit kayu PT SPF yang dijadikan pupuk kompos plus, di Desa Pulau Semambu, Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir.

INDRALAYA. PE- PT Sumatra Prima Fibreboard (SPF) bekerja sama dengan Dosen Pertanian Unsri dan mahasiswa Teknologi Pertanian Unsri melakukan sosialisasi cara teori dan praktik limbah kulit kayu PT SPF yang dijadikan pupuk kompos plus.

Sosialisasi yang dilakukan oleh perusahaan bergerak di bidang Industri Manufaktur Panel Kayu (MDF) dan Hutan Tanaman Industri (HTI) itu, diikuti Kelompok Tani Desa Pulau Semambu, Bundes dan masyarakat Desa Pulau Semambu, Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir.

Kegiatan ini juga dihadiri dan disaksikan PPL Dinas Pertanian Ogan Ilir, Kepala Dinas Pertanian Ogan Ilir, Kepala Lingkungan Hidup, para guru SMK 1 Jurusan Pertanian Tanjung Batu, Kades Pulau Semambu beserta perangkat Desa Pulau Semambu.

“Salah satu limbah padat yang dihasilkan dari kegiatan PT. SPF adalah kulit kayu (biomass red). Kulit kayu yang sudah berumur di atas enam bulan diolah menjadi kompos plus,” ujar Manajemen PT SPF, Rully.

Dibeberkannya, bahwa kulit kayu tersebut terlebih dahulu diayak atau disaring untuk mendapatkan ukuran yang halus. “Kemudian, dicampurkan dengan starter berupa campuran bakteri dan jamur, lalu didiamkan selama 1 bulan,” bebernya.

Tujuan pemberian starter, menurut dia, adalah untuk menguraikan kulit kayu menjadi kompos dan memperkaya kandungan unsur hara makro dan mikro. “Setelah satu bulan lebih, barulah bisa digunakan sebagai pupuk kompos plus,” tukasnya. VIV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here