Home Headline News Unggul di Pilkada, Johan Anuar Ditahan KPK

Unggul di Pilkada, Johan Anuar Ditahan KPK

0

BATURAJA. PE -Wakil Bupati OKU, Johan Anuar yang juga Calon Wakil Bupati OKU petanana yang unggul sementara di Pilkada OKU, Kamis (10/12), ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Johan Anuar yang akrab disapa JA ditahan untuk 20 hari kedepan, sebagai tersangka dugaan korupsi pengadaan tanah kuburan (Tempat Pemakaman Umum) tahun 2013.

Diketahui, pada Pilkada Serentak 2020 di OKU, Johan Anuar menjadi Cawabup berpasangan dengan H Kuryana Aziz. Keduanya merupakan petahana yang diusung banyak partai melawan kotak kosong.

KPK dalam pernyataan resmi Kamis (10/12) mengatakan, Terangka JA dilakukan penahanan selama 20 hari, terhitung sejak tanggal 10 sampai dengan 29 Desember 2020 di Rutan Polres Jakarta Pusat

Menurut Plt Juru Bicara (Jubir) KPK Ali Fikri dalam rilis kepada media, Kamis (10/12/2020) mengatakan, perkara ini adalah salah satu bentuk koordinasi dan supervisi KPK bersama dengan Polda Sumsel.

Diketahui, sebelumnya JA telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Sumsel dengan sangkaan melanggar Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang-Undang nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.
Sementara dikonfirmasi terpisah, Titis Rachmawati SH MH selaku Kuasa Hukum Johan Anuar mengatakan tetap akan mengikuti proses hukum yang menjerat JA saat ini.

“Kita akan ikuti proses hukum, dan akan hadapi persidangan, smg keadilan msh berpihak pd klien sy,” demikian jawab Titis via pesan singkat WhatsApp. Titis menambahkan, kasus JA Senin ini akan dilimpahkan ke PN Palembang. YEN/ JAN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here