Home Sumsel Lahat Zero Kasus DBD, Tetap Laksanakan Fogging

Zero Kasus DBD, Tetap Laksanakan Fogging

0
Petugas Dinkes Lahat melakukan fogging, di wilayah kerja PKM Muara Tiga, Kecamatan Mulak Ulu, Jumat (11/12/2020). Foto: BERNAT/PALPRES

LAHAT, PE – Kendati wilayah kerja PKM Muara Tiga meliputi Kecamatan Mulak Ulu dan Mulak Sebingkai, Kabupaten Lahat dinyatakan zero kasus demam berdarah dengue (DBD), tetap pihaknya melakukan antisipasi dengan fogging (pengasapan, red).

“Alhamdulillah, untuk wilayah kerja PKM Muara Tiga, tidak ada kasus DBD. Makanya, sejak dini kita lakukan fogging mengingat perubahan cuaca,” jelas Kepala PKM Muara Tiga, Eva Agustina SKM, Jumat (11/12/2020).

Selain itu, sambung Eva, pihaknya juga dari door to door ke penduduk desa, agar kiranya menjaga kebersihan lingkungan rumah.

“Selalu ingat 3M Plus, mengubur barang bekas, membuang air yang mengenang, dan menutup rapat tempat air serta plus menaburkan bubuk abate atau memelihara ikan tempalo di kolam,” terangnya.

Dirinya menerangkan, apabila hanya dilakukan penyemprotan saja, maka yang dibasmi cuma nyamuk dewasa semata. Tidak untuk jentik-jentik nyamuk.

“Oleh karena itulah, kita terus memberikan sosialisasi kepada warga, dan pemberian bubuk abate atau kelambu menghindari dari gigitan nyamuk pembawa virus DBD,” paparnya.

Ia berharap, kerjasama baik warga dan lintas sektoral akan mampu menekan terjadinya kasus DBD.

“Oleh karena itulah, pihaknya terus seoptimal melalui kepala desa (Kades), kader Posyandu ataupun perorangan, memberitahukan bahaya DBD pasca pancaroba,” pungkas Eva. BRN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here