Home Sumsel Muara Rupit Beredar Video Penambangan Emas Dihulu Sungai, Ini Penjelasan DLHP Muratara

Beredar Video Penambangan Emas Dihulu Sungai, Ini Penjelasan DLHP Muratara

0
Aktivitas Penambahan Emas di Hulu Sungai Tiku

MUARATARA, PE- Belakangan beredar video kegiatan penambangan emas dengan mengunakan mesin Dompeng, diduga berada dihulu sungai Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), tepatnya di Desa Ulu Tiku Kecamatan Karang Jaya. Penambangan inilah, yang diduga sebagai penyebab utama keruhnya air di aliran Sungai Rupit.

Video yang berdurasi 2.19 detik yang di-posting akun Facebook atas nama Arindra Prayoga tersebut, memperlihatkan banyaknya aktivitas mesin-mesin Dompeng yang berada disepanjang hulu aliran sungai.

Terkit hal itu, Kepala DHLH Muratara melalui Kabid Penataan dan Pentaatan Lingkungan, Indrayani saat dikonfirmasi Kamis (21/1/21) mengatakan bahwa tugas dan fungsi sesuai aturan terkait dalam bidang usaha, pihaknya melihat suatu usaha itu legal atau ilegal.

Dimana kalau mereka sebagai pelaku usaha tidak mengikuti aturan atau tidak memenuhi semua ketentuan dari aturan yang ada itu, menurut dia, artinya mereka ilegal dan pihaknya dalam hal itu akan melakukan penindakan. Jadi terkait ramainya pemberitaan maupun di medsos banyaknya penambahan emas ilegal diduga menjadi penyebab keruhnya aliran sungai, maka pihaknya akan melakukan penindakan.

“Dalam hal ini kalau yang namanya ilegal itu berarti pidana, dan wewenang pidana itu berada diaparat penegak hukum. Silahkan mereka bergerak, sedangkan dinas kami fungsinya seperti mengambil sampel air serta melaporkannya ke atasan maupun Gubernur,” ungkapnya.

Sementara Kepala Desa Muara Tiku, Dedi Samdepi dikonfirmasi membenarkan banyaknya aktivitas dompeng emas di sepanjang aliran Sungai Tiku. Dia mengaku tidak bisa melarang secara keras aktivitas tersebut, karena alasan warga ingin mencari makan.

“Mau gimana lagi, kita sudah sering memberikan imbauan, alasan mereka cari makan. Kami sudah berkonsultasi dengan Pemerintah Kecamatan Karang maupun Pemkab Muratara untuk mencari solusi. Harapan kita pemerintah daerah turun, untuk berdialog dengan masyarakat disana, serta mencari solusi yang terbaik,” harapnya. SON

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here