Home Sumsel Banyuasin Drainase Terganggu, Warga Grand Alfin Jadi Langganan Banjir

Drainase Terganggu, Warga Grand Alfin Jadi Langganan Banjir

0

BANYUASIN, PE – Hujan deras yang mengguyuri sebagian wilayah di Kabupaten Banyuasin memberikan dampak banjir. Salah satunya di Perumahan Grand Alfin 1, RT 014, RW 03, Desa Pangkalan Benteng, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, pemukiman warga ini menjadi salah satu lokasi baru yang menjadi langganan banjir.

Salah seorang warga Grand Alfin Satu, Mulkan, mengaku, banjir yang menggenangi rumahnya tersebut disebabkan sistem pengairan di lingkungannya sudah kurang berfungsi. Hal ini disebabkan kurangnya kesadaran warga lain dalam menjaga lingkungan.

“Ada saluran air yang tersumbat karena sampah sehingga saat volume air tinggi meluap ke pemukiman penduduk, termasuk rumah saya,” keluh dia kepada palpres.com, Senin (18/1).

Sebelumnya, sambung dia, air belum pernah masuk ke dalam rumahnya. Namun, hujan yang turun secara terus menerus membuat air masuk masuk hingga ke dalam dapur denga ketinggian 5 cm. “Kami khawatir mbak, kalua ada korsleting listrik bisa membayakan jiwa kami. Untuk itulah, kami sangat berharap saluran air bisa segera diperbaiki,” harapnya.

Sementara itu, Ketua RT 014, Hamka mengaku lokasinya menjadi salah satu titik baru langganan banjir. Menurut dia, genangan air ini terjadi karena aktivitas penimbunan tanah untuk pembangunan perumahan yang tidak memperhatikan sistem drainase. Sehingga, setidaknya ada lima rumah yang selalu menjadi langganan banjir.

“Kami sudah menegur pihak developer untuk memperhatikan saluran air kalau ingin menimbun, namun hingga saat ini belum juga ditanggapi,” ujarnya.

Menurut dia, banjir yang diakibatkan hujan tersebut memiliki kedalaman yang beragam. Khusus di daerah persawahan, ketinggian air bisa mencapai satu meter. “Otomatis aktivitas kami terganggu dengan genangan air ini. Kami sangat berharap kesadaran warga maupun developer agar lebih memperhatikan saluran air dan tidak membuang sampah sembarangan,” imbaunya. DVI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here