Home Podium Khusyuk dalam Salat

Khusyuk dalam Salat

0
Penulis : H Albar Sentosa Subari SH SU, Ketua Pembina Adat Sumatera Selatan.

Umaimah radiallahu ‘anhu, sahaya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menuturkan, ” Ketika aku menuangkan air wudu untuk Rasulullah  shallallahu alaihi wa sallam masuklah seorang laki laki dan berkata : Wahai Rasulullah, berwasiatlah kepadaku. Mendengar permintaan itu, Nabi bersabda: janganlah menyekutukan Allah dengan sesuatu meskipun tubuhmu dibelah atau dibakar api, janganlah mendurhakai kedua orang tua meskipun mereka menyuruhmu untuk menceraikan istrimu dan meminta seluruh hartamu, janganlah sekalipun minum khamar karena sesungguhnya khamar adalah pangkal segala kejahatan, dan jangan pernah meninggalkan salat (wajib lima waktu) secara sengaja karena barangsiapa meninggalkan salat secara sengaja, maka terlepaslah jaminan Allah dan jaminan Rasulullah darinya.” (HR. Ath-Thabrani).

Pesan pertama dari hadis di atas adalah menyangkut persoalan khusyuk dalam salat. Apabila kita mengerjakan salat, hendaklah diri kita berkeyakinan seolah-olah salat yang kita laksanakan, sebagai salat terakhir dan seolah-olah setelah itu kita akan meninggalkan dunia. Barangsiapa mampu mengerjakannya salat dengan seperti ini, insyaa Allah ia telah mengerjakan salat dengan sempurna sesuai perintah Allah subhanahu wa ta’ala, karena ia melaksanakan dengan bersungguh-sungguh, dengan sebaik-baiknya dan sempurna mungkin.

Jika kita mengerjakan salat dengan cara seperti ini, maka alangkah baiknya keadaan kita. Bukankah Allah shubhanahu wa ta’ala berfirman yang artinya: “Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan perbuatan)  keji dan mungkar) ” (QS. al-Ankabut: 45).

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya seseorang mengerjakan salat tidak ditulis pahala melainkan sepersepuluh, sepersembilan, seperdelapan, sepertujuh, seperenam, seperlima, seperempat, sepertiga atau seperdua” (HR. Ahmad, Abu Dawud, Al-Kitab Baihaqi, ath-Thabrani dan ibnu Hibban). Wallaahu a’lam. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here