Home Sumsel Muara Rupit Namanya Tercatat, Namun Tidak Dapat BLT Dana Desa

Namanya Tercatat, Namun Tidak Dapat BLT Dana Desa

0
Puluhan warga Bumi Makmur saat mendatangi Kantor DPMD Muratara

MURATARA,PE- Pertanyakan kriteria penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahun 2020, puluhan warga Desa Bumi Makmur, Kecamatan Nibung Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), mendatangi Kantor Dinas PMD-P3A Kabupaten Muratara, Kamis (28/1/21).

Puluhan warga tersebut ingin mengetahui nama-nama penerima BLT DD di desanya. Pasalnya ada warga yang tercatat namanya sebagai keluarga penerima BLT DD, namun tak kunjung mendapatkan bantuan tersebut.

Seperti disampaikan Iwansyah, salah satu perwakilan masyarakat mempertanyakan kriteria warga yang berhak menerima BLT DD.

“Karena bantuan BLT DD itu diduga ada kejanggalan terkait sistem penyaluran di desa saya. Ditambah juga tidak transparannya Pemerintah Desa, karena tidak memberitahu nama-nama siapa saja warga yang menerima BLT itu,” tegasnya.

Menurutnya, setelah pihaknya mencari informasi tersebut, ternyata ada nama-namanya warga terdaftar sebagai penerima, tetapi orangnya tidak pernah dapat. Seperti misalnya Sadri, Mardianah, dan Fatimah tidak pernah dapat bantuan, juga banyak warga yang tidak mendapatkan BLT DD di desanya, padahal mereka sangat berhak menerima karena juga terdampak.

“Warga-warga yang saya bawa ini tidak pernah mendapat bantuan, padahal mereka sangat berhak menerima. Tolonglah kepada Pemerintah terkait agar mereka itu benar-benar diperhatikan,” pintanya.

Sementara Sekretaris Dinas PMD-P3A Kabupaten Muratara, Lindawati mengungkapkan, penerima BLT DD memang ada kriteria sesuai aturan Pemerintah. Namun yang berhak menentukan siapa penerima BLT DD di desa itu, adalah Pemerintah Desa setempat.

Karena menurutnya, seandainya ada warga yang sudah mendapatkan bantuan sosial lain, memang tidak bisa lagi mendapatkan BLT DD. Untuk penerima BLT DD Desa Bumi Makmur sendiri, lanjutnya,terdapat sebanyak 46 KPM atau KK pada tahap pertama dan kedua, lalu ditahap ketiganya berkurang menjadi 20 KK.

“Terkait hal ini kami juga nanti akan memanggil Kepala Desa Bumi Makmur, untuk mengklarifikasi apa yang telah dilaporkan oleh warganya. Karena kami juga tidak bisa mendengarkan secara sepihak,” sampainya. SON.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here