Home Palembang PAKKI Sumsel Resmi Dilantik, Ketua DPRD Minta Utamakan Profesionalitas Bekerja

PAKKI Sumsel Resmi Dilantik, Ketua DPRD Minta Utamakan Profesionalitas Bekerja

0

PALEMBANG, PE – Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perkumpulan Ahli Keselamatan Konstruksi Indonesia  (PAKKI) Sumatera Selatan periode 2020-2024 resmi dilantik, Sabtu (8/1). Pelantikan yang dihadiri Ketua DPRD Sumsel Hj R.A Anita Noeringhati, SH., MH melalui virtual ini, meminta agar ahli konstruksi mengutamakan profesionalitas dalam bekerja sebagai sebagai mengantisipasi kecelakaan dalam bekerja.

“Banyak sekali kecelakaan akibat belum diterapkan keselamatan konstruksi bangunan. Oleh sebab itulah, saya meminta agar pengurus PAKKI Sumsel agar mengutamakan profesionalitas dalam bekerja sehingga bisa melindungi para pekerja dalam menjalankan tugasnya,” kata dia.

Saat ini, sambung Anita, pihaknya bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel sedang menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) jasa konstruksi. Penyusunan raperda ini dikarenakan konstruksi menjadi sektor strategis dalam pembangunan daerah.

“Dalam penyusunan raperda ini kami juga meminta kepada unsur ahli konstruksi untuk ikut terlibat. Sehingga keselamatan pekerja memang bisa tewujud,” ujarnya.

Seperti diketahui, pengurus DPW PAKKI Sumsel yang diketuai Irfa Kodri ST MT CSE resmi dilantik oleh Ketua DPP PAKKI Ir H Lazuardi Nurdin di Emilia Hotel. Pelantikan yang memperketat protokol kesehatan ini dilaksanakan melalui tatap muka dan virtual.

“Musyawarah wilayah sendiri sudah kita laksanakan akhir tahun kemarin. Setelah ini nantinya akan susun program dalam rapat kerja wilayah,” kata Irfa Kodri.

Lebih jauh dia menjelaskan, ahli konstruksi saat ini banyak mendapatkan tantangan. Oleh sebab itulah, ahli konstruksi diwajibkan memiliki sertifikat sesuai dengan UU 22/2017. “Dengan sertifikat ini sendiri bisa melakukan keselamatan berkelanjutan,” ucapnya.

Saat ini, sambung Irfa, aspek keselamatan bukan hanya tertuju pada orang atau pekerja. Namun, keselamatan juga dilihat dari keteknikan, publik, lingkungan dan lainnya. “Oleh sebab itulah, seluruh aspek harus menjadi bagian penting dalam keselamatan bekerja. Kita juga akan berupaya mengadvokasi keselamatan publik jika sedang ada pembangunan di area publik,” tutur Irfa. RIS

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here