Home Opini PENERAPAN PANCASILA SILA PERTAMA DAN SILA KE LIMA YAITU KETUHANAN YANG MAHA...

PENERAPAN PANCASILA SILA PERTAMA DAN SILA KE LIMA YAITU KETUHANAN YANG MAHA ESA DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI

0

Khoirunisaa3457@gmail.com dan mizardewi@gmail.com

Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Lima ideologi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tercantum pada alinea ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-Undang Dasar 1945.

Saya Khoirun Nisa sebagai mahasiswi Universitas Negeri Islam (UIN) Raden Fatah Palembang jurusan Ilmu perpustaan sedang melaksanakan tugas kuliah yaitu projek wawancara mata kuliah Pancasila yang di bimbing oleh Dosen Pancasila ibu Nurmalia Dewi, M.Pd. kepada salah seorang warga mengenai peranan Pancasila terutama sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa.

Di lapangan saya banyak menemukan narasumber di masyarakat tapi disini saya hanya menyampaikan segelintir narasumber saja, saya bertanya mulai dari guru, mahasiswa, pedagang, tukang ojek, dan ibu rumah tangga. Saya menanyakan apa makna sila ketuhanan yang maha esa? Dijawab oleh ibu Nur, bertakwa kepada Tuhan yang maha esa, dan beribadah.

Lalu kegiatan apa saja yang dilakukan mencerminkan sila pertama? Ibu Nur menjawab, sholat lima watu, puasa, dan zakat. Bagaimana cara ibu menghargai yang berbeda agama? Lalu dijawab oleh ibu Nur, saling tolong menolong, dan saling menghargai.

Harapan seperti apa yang mengenai sila pertama? Lalu di jawab oleh ibu Nur, supaya berpedoman kepada Tuhan yang maha esa. Dan saya juga mewawancarai mahasiswa, apa makna sila ketuhanan yang maha esa? Kak Yusman menjawab, agama yang memperjuangkan Indonesia dan memakmurkan bukan hanya agama islam, bukan hanya para santri, dan bukan pula para kiyai, tapi negara beragama juga di perjuangkan oleh agama Kristen, budah, Hindu, dengan adanya inilah ketuhanan yang maha esa maka ada nya toleransi, keagamaan, ini bisa tercapai.

Masuk ke sila kelima saya mewawancarai masih di ibu Nur, bagaimana pendapat ibu tentang keadilan sosial?, Dijawab oleh beliau, harus adil mengatasi masalah.

Demikianlah hasil wawancara saya tentang penerapan pancasila sila pertama dan kelima yaitu ketuhanan yang maha esa dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia dalam kehidupan sehari hari.

Kesimpulannya bahwa nilai Ketuhanan yang dijadikan sebagai sila pertama dan nilai keadilan sebagai sila kelima
Makna sila pertama dan kelima;
1. Bertakwa,kepada Tuhan yang maha esa, selalu ingat apa saja yang di larang dan harus di laksanakan di setiap beragama.
2. agama yang memperjuangkan Indonesia dan memakmurkan bukan hanya agama islam, bukan hanya para santri, dan bukan pula para kiyai, tapi negara beragama juga di perjuangkan oleh agama Kristen, budah, Hindu, dengan adanya inilah ketuhanan yang maha esa maka ada nya toleransi, keagamaan, ini bisa tercapai.
3. Pemerintah harus adil kepada masyarakat, tidak pandang bulu untuk menegakan hukum, yang sala tetap harus di hukum, maka ubah lah sistem masyarakat yang tajam kebawah(yaitu tegas kepada rakyat menegah kebawah) dan tumpul keatas ( yaitu tidak menitik beratkan hukuman untuk masyarakat menengah ke atas). (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here