Home Sumsel Prabumulih Prabumulih Tercepat di Indonesia Serahkan Laporan Keuangan ke BPK

Prabumulih Tercepat di Indonesia Serahkan Laporan Keuangan ke BPK

0
Wali Kota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM saat menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020, yang diterima Kepala BPK Provinsi Sumsel Harry Purwaka SE MSF AK CSFA CA, di Kantor Perwakilan BPK Provinsi Sumsel, Kamis (7/01/2021)

PRABUMULIH.PE – Wali Kota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM, Kamis (7/01/2021) pukul 14.00 WIB, menyerahkan langsung Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020 ke Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Sumatera Selatan di Palembang.

Sehingga Kota Prabumulih pun menjadi daerah tercepat pertama di Indonesia, yang menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020 ke BPK.

Penyerahan LKPD tahun anggaran 2020 selain dihadiri Wali Kota, juga dihadiri Kepala Badan Keuangan (BKD) Jauhar Fahri serta Kepala Inspektorat Toni Salfriansyah SH, dan diterima oleh Kepala BPK Provinsi Sumsel Harry Purwaka SE MSF AK CSFA CA di Kantor Perwakilan BPK Provinsi Sumsel.

Wali Kota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM mengatakan makin cepat melapor, makin cepat auditor turun untuk mengaudit apa yang telah dilakukan. Seperti yang dicanangkan Kota Prabumulih harus cepat tepat dan benar, dan itu terbukti pihaknya bisa melapor diawal Januari 2021.

“Lebih cepat lebih baik kita laporkan dari pada kita menundanya. Untuk benar dan salahnya, insya Allah kita tunggu dua bulan. Tapi yakin dan percayalah karena kita bertahun-tahun di audit dan membiasakan hal-hal yang benar, insya Allah harapan kita tidak terlalu banyak kesalahan-kesalahan,” ujar Ridho saat diwawancarai di gedung BPK Provinsi Sumsel.

Ridho menerangkan, dalam pembuatan laporan tidak ada kendala sama sekali. Ini berkat teman-teman di dinas, yang bekerja keras menyelesaikan laporan tersebut. “Sepanjang kita tekad Alhamdulilah jadi kenyataan. Cepat dalam arti dikerjakan sesuai dengan prosedur dan aturan yang ada,” katanya.

Ridho pun berharap, Pemkot Prabumulih kembali mendapatkan WTP untuk kesekian kalinya. “Tapi dari sini kita dipastikan laporan tercepat, insya Allah cepat audit cepat pula keluar hasil laporan. Jika kita lambat melapor maka lambat juga hasilnya,” bebernya.

Sementara Kepala BPK RI Provinsi Sumsel, Harry Purwaka SE MSF AK CSFA CA menjelaskan, batas waktu penyerahan LKPD Kabupaten dan Kota Maret 2020. Namun jika ada daerah yang cepat menyerahkan kepada BPK hal itu lebih baik, sehingga pihaknya dapat melakukan pemeriksaan.

“Sepengetahuan saya Kota Prabumulih merupakan kota tercepat di Provinsi Sumsel dan Indonesia, yang menyerahkan LKPD tahun anggaran 2020. Itu informasi yang saya terima. Akan tetapi saya belum mengecek di Indonesia Timur, apakah ada kabupaten/kota yang telah menyerahkan atau belum. Untuk saran-saran belum, kita menunggu audit dulu dan hasilnya dua bulan kedepan,” pungkasnya. RAY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here