Home Headline News Tahukah Anda ! Bangunan Kampus B UIN Rafah Palembang Rupanya Banyak Filosofinya

Tahukah Anda ! Bangunan Kampus B UIN Rafah Palembang Rupanya Banyak Filosofinya

0
BERFILOSOFI - Bangunan Kampus B UIN Raden Fatah Palembang memiliki banyak filosofi, salah satunya kanal selebar enam meter yang mengelilingi bangunan kampus. Keberadaan kanal ini menunjukkan kampus berdistingsi Pusat Peradaban Melayu Islam. Foto : Alhadi Farid/Palpres

PALEMBANG, PE – Pembangunan Kampus B Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang selesai dibangun. Gedung yang ada di kawasan Jakabaring ini rencananya akan mulai dioperasionalkan kegiatan perkuliahan pada tahun ajaran baru ini dengan konsep blended learning.

Namun, siapa sangka bangunan modern dengan luas 999 meter tersebut memiliki filosofi tinggi. Bahkan, hampir dari setiap bangunan menyimpan pesan sebagai tanda penghormatan budaya lokal namun berwawasan internasional dan berkarakter Islami.

Tim Perencanaan Pengembangan UIN Raden Fatah Palembang, Hasan Marzuki menjelaskan, desain bangunan di Kampus B memiliki filosofi yang tinggi. Seperti bangunan yang dikelilingi sungai kanal selebar enam meter yang menandakan Batang Hari Sembilan.

“UIN Raden Fatah Palembang juga memiliki Distingsi Peradaban Melayu Islam. Seperti diketahui, tanah melayu itu dikelilingi air dan hal itu tergambar dalam kanal yang mengelilingi gedung,” jelas dia, Kamis (7/1).

Selain itu, pagar yang mengelilingi kawasan tersebut berfilosofi bahwa kampus berbasis Islam ini berupaya memiliki standar internasional, berwawasan kebangsaan dan berkarakter Islami. Seperti diketahui, dunia internasional sangat menjunjung tinggi humanisme dan hak elevansi. Penggambaran karakter tersebut terlihat dari ketinggian pagar sama yang menandakan pengakuan Hak Asasi Manusia (HAM).

“Ada juga bambu runcing berwarna silver dengan 17 tiang. Hal itu menunjukkan perjuangan para pendahulu yang berhasil merebut kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, 17 rakaat dan 17 Ramadan yang menunjukkan karakter Islam,” jelasnya.

Bahkan, tiang pagar berbentuk limas atau piramida ilmu sebagai tanda bahwa ilmu menginterprestasikan peradaban umat manusia yang dating dari Allah Subhanallhuwata’alla dan disebarkan kepada seluruh umat manusia.

Dengan berbagai nilai filosofi yang terkandung dalam bangunan tersebut menunjukkan jika kampus berdominasi berwarna biru ini berkeinginan sebagai kampus berstandar internasional, berwawasan kebangsaan dan berkarakter Islam. RIS

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here