Home Palembang Disayangkan, Tugu Perang 5 Hari 5 Malam Dipenuhi Ilalang

Disayangkan, Tugu Perang 5 Hari 5 Malam Dipenuhi Ilalang

0
Pengurus Cakrawala Perjuangan Indonesia mengunjungi Tugu Perang 5 Hari 5 Malam. Sayangnya tugu peringatan bernilai sejarah tersebut tidak terawat dan dipenuhi ilalang.

PALEMBANG, PE – Palembang merupakan salah satu kota perjuangan. Banyak pergerakan yang diinisiasi dari kota ini, untuk mempertahankan kemerdekaan. Salah satu yang terkenal adalah Perang 5 Hari 5 Malam.

Untuk memperingati setiap keringat, semangat, dan tetes darah pejuang, dibangun 2 buah Tugu “5 Hari 5 Malam” yang terletak di bawah Jembatan Ampera dan di Karang Anyar, Gandus.

Tugu di bawah Ampera berbentuk seperti mercusuar, sedangkan di Karang Anyar berbentuk patung pahlawan dengan ukiran nama-nama 76 pahlawan di bawahnya.

Dahulu, bulan Januari tahun 1946, saat Agresi Militer Belanda berlangsung, Tugu Karang Anyar adalah titik kumpul para pejuang dari berbagai daerah di Sumatera Bagian Selatan, sebelum menyerbu dan bergerilya melawan penjajah.

Untuk mengenang jasa para pahlawan tersebut, Cakrawala Perjuangan Indonesia (CPI) mengunjungi Tugu Perang 5 Hari 5 Malam, Minggu (28/2). Sayangnya, suasana kebangsaan dari tugu tersebut sedikit tercoreng karena banyak besi maupun rantai di sekitar tugu hilang entah kemana. Ditambah lagi, areal sekitar tugu kurang terawat dengan tingginya rerumputan dan ilalang, yang menghalangi pandangan.

Ketua CPI Kgs Ilham Akbar mengatakan, anak muda masa kini harus mengetahui sejarah dan perjuangan para pahlawan terdahulu, karena atas jasa mereka kebebasan rakyat Indonesia dapat dinikmati hingga sekarang.

“Ingat jasa para pahlawan, agar tidak menjadi orang yang menjual bangsa sendiri,” kata cucu veteran perang 5 hari 5 malam, yang namanya terukir di tugu Karang Anyar.

M Setiawan selaku Kepala Bidang Kebangsaan CPI mengatakan, tempat-tempat bersejarah harus dirawat dan dipromosikan ke generasi penerus secara masif. Bukan hanya ladang pendidikan, tempat-tempat sejarah juga bisa menjadi destinasi wisata. RIL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here