Home Konsultasi Perdamaian Apakah Bisa Hapuskan Pidana?

Perdamaian Apakah Bisa Hapuskan Pidana?

0
Dr. (cand).Hj.Fatria Khairo,STP,SH,MH,CTL


Pengasuh Yth,

Saya mohon pencerahan dari Pengasuh. Beberapa waktu lalu, saya bertengkar dengan tetangga saya dan berakhir dengan pemukulan yang saya lakukan. Namun, kasus itu berakhir dengan kesepakatan damai.

Tapi sayangnya, kesepakatan itu hanya sebatas lisan antara saya dan tetangga saya itu, dan disaksikan oleh saksi-saksi. Pertanyaan saya, apakah kasus pemukulan yang telah bersepakat damai, walau hanya lisan, masih bisa diproses ke muka hukum.

Mohon penjelasannya, terima kasih.

M Hidayat, Palembang

Menjawab permasalahan saudara maka dapat kami tanggapi sebagai berikut :

Bahwa berdasarkan pasal 351 (1) KUHP Penganiayaan diancam dengan pidana penjara paling lama dua tahun delapan bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

Terkait kasus saudara bahwa telah terjadi perdamaian, maka sebagaimana diatur pada Bab VIII Buku I (Pasal 76 s/d Pasal 85) KUHP tentang Hapusnya Kewenangan Menuntut Pidana dan Menjalankan Pidana.

Dengan kata lain Perdamaian tidak dapat menghapuskan sanksi pidana. Namun dengan adanya itikad baik berupa kesepakatan damai para pihak maka hal tersebut dapat menjadi pertimbangan hakim di persidangan. Demikian semoga bermanfaat.

Dr.(cand).Hj.Fatria Khairo,STP,SH,MH,CTL
(Wakil Ketua 2 STIHPADA dan Advokat PERADI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here