Home Sumsel Muara Rupit Warga Bumi Makmur Desak Kades Data Ulang penerima BLT DD

Warga Bumi Makmur Desak Kades Data Ulang penerima BLT DD

0
Belasan Warga Bumi Makmur saat mendatangi Kantor Kepala Desa

MURATARA,PE- Merasa pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Tahun 2020 banyak kejanggalan, kembali belasan warga Desa Bumi Makmur Kecamatan Nibung Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) mendatangi kantor Kepala Desa, Senin (1/2/21).

Sebelumnya, belasan warga yang pernah melaporkan hal itu ke Kantor DPMD-P3A Muratara, kembali memdesak Kepala Desa Bumi Makmur untuk mendata ulang Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT DD tahun 2021 karena diduga Pembagian BLT DD tahun 2020 banyak tidak sesuai kriteria.

Seperti disampaikan oleh Iwan, salah satu perwakilan masyarakat usai menyambangi kantor Kepala Desa Bumi Makmur, tujuan pihaknya hari ini ke kantor Kepala Desa untuk meminta pendataan ulang terkait penerima BLT DD tahun 2021. Dimana nama-nama yang sesuai kriteria layak itu, telah pihaknya sampaikan kepada Kepala Desa.

Menurutnya, untuk penerima BLT DD tahun 2020 itu banyak yang tidak sesuai kriteria. Dimana hal itu pihaknya meminta untuk dihapuskan, dan harus benar-benar sesuai kriteria keluarga penerima bantuan. Kepala Desa kata dia, juga telah berjanji hal itu akan diputuskan pada rapat Kamis mendatang.

“Kalau pada Kamis itu, nama-nama yang telah kami usulkan tidak masuk sebagai penerima BLT DD tahun 2021, maka dengan berbagai cara kami akan menuntut hak-hak warga yang berhak tersebut. Karena selama ini banyak yang tak layak menerima, ditambah adanya ketidaktransparan pembagian BLT ini,’’ tegasnya.

Oleh karena itu mulai dari RT, Kadus, Pemerintah Desa, Kecamatan dan Pemerintah Kabupaten, dia minta untuk memperhatikan masyarakat-masyarakat yang kurang mampu didesanya. Karena pendataan beberapa tahun terakhir terkait bantuan, baik bantuan di desa maupun dari Pemerintah Kabupaten dan Kementrian Sosial, semua data-datanya sudah tidak layak lagi. Sehingga kiranya dilakukan pendataan ulang, agar tepat sasaran.

Terpisah, Kepala Desa Bumi Makmur Yatno dikonfirmasi terkait tuntutan belasan warga mengungkapkan, beberapa waktu lalu massa sudah pernah menyampaikan ke DPMD Muratara. Setelah dilakukan mediasi, kata Yanto, 18 warga tersebut diminta untuk melengkapi berkas sebagai penerima BLT DD tahun 2021.

“Berkaitan dengan tudingan warga bahwa pembagian BLT DD tahun 2020 banyak kejanggalan, itu tidak benar. Karena kami punya buktinya, namun bukti itu untuk disebarluaskan di masyarakat hal itu tidak mungkin. Karena memang warga-warga yang ada namanya itu, menerima bantuan,” terangnya.

Kepada warga kalau seandainya mau mengusulkan nama, dikatakan dia, disarankan kalau bisa dari bawah, mulai dari Kadus dan Kades. “Dengan adanya masyarakat menyampaikan usulan, artinya masyarakat sudah pintar. Namun perlu diketahui berhubung dananya memang sedikit dan tidak bisa dobel dengan bantuan lain, artinya semua harus dipilah berdasarkan keriteria sesuai,” ungkapnya. SON

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here