Home Sumsel Lahat Bupati Lahat Pimpin Rakor Vaksinasi Tahap Kedua

Bupati Lahat Pimpin Rakor Vaksinasi Tahap Kedua

0
Bupati Lahat, Cik Ujang SH memimpin rakor pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Opsroom Pemda Lahat, Rabu (3/3). Foto : BERNAT/PALPRES

LAHAT, PE – Bupati Lahat Cik Ujang SH didampingi Forkompinda memimpin rapat koordinasi (Rakor) Pimpinan Daerah terkait pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 tahap kedua. Pelayanan publik di Kabupaten Lahat, yang nantinya direncanakan akan dilaksanakan pada dalam waktu dekat di gedung Pertemuan Pemda Lahat.

“Dalam rakor ini, disepakati bersama untuk menyiapkan vaksinasi tahap kedua, yang difokuskan kepada pelayanan publik,” ujarnya, Rabu (3/3).

Saat ini, sambung dirinya, Kabupaten Lahat telah menerima 6.300 vial Vaksin Sinovac yang peruntukkan pelayanan publik seperti TNI, Polri, ASN, Guru, Pedagang, wartawan, Tukang Ojek dan lainnya. “Saya minta nanti pada saat pelaksanaan sesuai SOP,” beber Cik Ujang.

Senada, Pj Sekda Lahat, Drs H Deswan Irsyad MPdi menuturkan, untuk yang pertama penerima vaksin tahap kedua nanti diawali dari Anggota DPRD dan Istri, termasuk juga organisasi wanita seperti GOW, PKK, Persit, Bhayangkari dan Organisasi Wanita lainnya.

“Berdasarkan data 130 orang dari Organisasi Wanita, namun diawali nanti dengan Anggota DPRD Lahat dan istri,” paparnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Lahat, Drs H Ali Apandi MPdi menerangkan, berdasarkan data ada 2.474 sasaran yang tahapan vaksinasi Covid-19 tahap kedua ini dengan 6.300 Vial/Dosis.

“Pelaksanaan vaksinasi dilakukan secara bertahap, dan bersyukur Kabupaten Lahat berdasarkan vaksinasi pertama melampaui target. Bahkan nomor satu di Sumsel, dari hasil pencapaian vaksinasi,” ungkapnya.

Di lain pihak, Plh Kepala Dinas Kesehatan Taufik M Putra SKM MM mengatakan, daftar penerima vaksinasi sudah ada, siapa saja penerimanya, bahkan ada juga wartawan karena sebagai pelayan publik.

“Wartawan nanti juga divaksin dan sudah masuk dalam daftar, ada 100 wartawan nantinya yang divaksin berdasarkan data,” terangnya.

Namun data yang ada ini, lanjut Taufik, akan dilakukan penambahan data, termasuk tenaga kesehatan di Puskesmas.

“Ada 12 sasaran vaksinasi tahap kedua, yang pertama Ketua Tim Penggerak PKK dan Anggota DPRD dan istri, kemudian dilanjutkan pelayan publik seperti ASN dan yang lainnya,” tutupnya.

Berdasarkan data sementara update Covid-19 saat ini suspect 640 orang, kontak erat 2922, konfirmasi positif 594 dan proses 17 Orang.

Senada, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Lahat Khairudin mengatakan, dengan adanya informasi vaksinasi ini ditengah kalangan masyarakat sendiri sudah ingin dilakukan vaksin supaya aktifitas bisa kembali normal.

“Masukan saya vaksin ini disampaikan kepada masyarakat langsung. Jangan sampai nanti masyarakat sendiri tidak tahu manfaat dari vaksin, tapi saya masyarakat sudah siap untuk divaksin,” tandasnya. BRN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here