Home Sumsel Muara Rupit Masyarakat Wajib Tahu Pengunaan Dana Desa

Masyarakat Wajib Tahu Pengunaan Dana Desa

0
Papan plang informasi penggunaan Dana Desa terpasang di samping Kantor Kepala Desa Jadi Mulya 1

MURATARA,PE- Sesuai aturan pemerintah untuk transparan anggaran dalam pengunaan Dana Desa (DD), Pemerintah Desa Jadi Mulya 1 (JM1) memasang papan plang berisi informasi Dana Desa. Pemasangan papan tersebut, dilakukan sebelum Dana Desa digunakan.

Pemasangan papan plang informasi Dana Desa yang dilakukan Pemdes JM1, dalam rangka transparasi pengunaan anggaran. Selain itu, agar semua kegiatan atau pembangunan yang bersumber dari Dana Desa, dapat dipantau serta diawasi oleh masyarakat sesusai prioritas yang diharapkan.

Kepala Desa Jadi Mulya 1, Gunardi, kepada Palembang Ekspres, mengatakan, tujuan pihaknya mengutamakan pemesangan papan plang informasi Dana Desa itu semata-mata untuk transparasi agar semua masyarakat mengetahui, baik jumlah Dana Desa setiap tahunnya maupun penggunanya.

“Melalui papan informasi itu masyarakat desa bisa melihat dan membaca sendiri, Dana Desa itu digunakan untuk apa saja setiap tahunya. Dengan masyarakat tahu, saya berharap dapat memantau dan mengawasi, baik pembangunan maupun penggunaan Dana Desa yang ada,” ungkapnya.

Menurutnya, selaku Pemdes JM1 pihaknya berupaya agar masyarakat mengetahu apapun terkait penggunaan Dana Desa itu. Bukan masyarakat desanya saja, bahkan masyarakat luar desa JM1 juga boleh mengetahui, baik itu media massa atau LSM, silahkan bertanya atau mengkonfirmasi pada pihaknya.

Selain pemasangan papang pengumuman, lanjut dia, pihaknya selalu mengelar musyawarah bersama BPD, lembaga-lembaga desa, tokoh-tokoh masyarakat dan elemen masyarakat yang terkait. Upaya itu akan terus pihaknya lakukan, agar tidak ada tudingan atau lainnya kepada Pemdes JM1.

Sementara Ketua BPD Jadi Mulya 1, Rebby mengungkapkan, selaku BPD, pihaknya akan terus berupaya menjadi mitra Pemdes JM1 dalam upaya mewujudkan transparasi pengunaan Dana Desa sesuai harapan masyarakat.

Sejauh ini pihaknya melihat Pemdes JM1 sudah melakukan upaya itu, dimana setiap penyusunan anggaran maupun penggunan dana yang bersumber dari Dana Desa, diputuskan bersama melalui musyawarah bersama perwakilan elemen masyarakat dan anggota BPD.

“Upaya itu telah dilakukan Pemdes JM 1, agar masyarakat bisa melihat dan mengawal semua kegiatan pemerintah. Jadi kepada masyarakat juga diharapkan bila ada keluhan atau aspirasi yang ingin disampaikan, saya siap menerima 1 x 24 jam, baik saya di rumah atau di kantor,” ungkapnya.

Dia berharap, jangan sampai keluhan atau hal-hal yang belum jelas kebenarannya, menjadi isu liar yang tak bisa dipertanggungjawabkan. “Alangkah baiknya semua disampaikan, baik kepada saya sebagai perwakilan BPD atau ke Pemdes langsung, “imbaunya. SON

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here