Home Sumsel Musi Banyuasin Merawat Masa Depan Suku Anak Dalam

Merawat Masa Depan Suku Anak Dalam

0
Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan TP PKK Bayung Lencir dan Dinas Kesehatan Muba, terhadap Suku Anak Dalam di kawasan Sungai Badak, Desa Pagar Desa Kecamatan Bayung Lencir, Musi Banyuasin.

MUBA. PE – Pendidikan adalah pilar bangsa. Mempermudah masyarakat mengakses pendidikan menjadi salah satu fokus Pemkab Muba.

Ya, salah satunya warga Suku Anak Dalam (SAD) yang berkehidupan di pedalaman Desa Pagar Desa, Kecamatan Bayung Lencir. Warga lokal menyebut daerah ini Sungai Badak.

Ada 25 kepala keluarga dan 93 jiwa, terbagi 50 pria dan 43 wanita. Saat ini juga tercatat ada 15 balita dan 2 ibu hamil yang berdomisili di wilayah ini. Sedangkan 20 orang anak diketahui masih usia pelajar.

Meski diam di pedalaman, para remaja usia sekolah ini tetap menikmati buah pembangunan. Pemerintah hadir, memajukan pendidikan di setiap daerah di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) hingga ke pelosok seperti di Sungai Badak. Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dibantu pihak swasta tetap berjibaku mengawal masa depan anak bangsa ini.

Upaya ini ditopang Pemerintah Kecamatan melalui Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Bayung Lencir dan Dinas Kesehatan Muba, Jumat (12/03/2021) lalu mereka melakukan pemeriksaan kesehatan di kawasan Sungai Badak, Desa Pagar Desa Kecamatan Bayung Lencir, Musi Banyuasin.

Kabar bagus lainnya, fasilitas pendidikan bakal dibangun untuk anak-anak SAD di kawasan ini. “Terdapat 2 lokasi yang akan dibangun saung belajar yaitu di desa Pagar Desa dan Desa Pangkalan Bayat. Saat ini pekerjaan sudah dimulai dengan pengumpulan material dan pembersihan lokasi,” ungkap Ketua TP PKK Bayung Lencir, Agustuti.

Agustuti menyebut sanggar belajar ukuran 6 x 8 khusus untuk anak-anak SAD segera ditegakkan. “Tentu anak-anak SAD ini butuh perhatian lebih, kita ingin agar mereka tetap tersentuh pendidikan dan kesehatan mereka diperhatikan,” kata dia.

Agustuti pun mengakomodir dan menyiapkan beasiswa bagi anak-anak SAD yang berprestasi, dan memiliki keinginan bersekolah ke jenjang lebih tinggi.

“Kita harus dukung mereka meraih masa depan. Nah, kemarin kita ke lokasi juga melakukan pemeriksaan kesehatan dimotori Dinkes Muba melalui Puskesmas Bayung Lencir. Anak balita, ibu menyusui dan ibu hamil juga dicek kesehatan,” tutupnya.

Ketua TP PKK Desa Pagar Desa, Sumarni ikut meyakini adanya pembangunan fasilitas pendidikan untuk anak SAD di wilayah Sungai Badak layak didukung.

“Ada bantuan swasta juga lewat CSR PT Marga Bara Jaya. Alhamdulillah, anak-anak di wilayah Sungai Badak bisa menempuh pendidikan. Ini bisa memantik lentera masa depan anak-anak SAD. Kami berterimakasih kepada TP PKK dan Pemerintah Muba yang telah memfasilitasi dan membangun pendidikan di kawasan pedalaman, seperti yang ada di desa kami ini,” ujarnya.

Selain pemeriksaan kesehatan, sekaligus dilakukan pemberian bingkisan terhadap warga SAD. RIL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here