Home Advertorial Monitoring Dana Desa 2020 dan Titik Nol Bangunan Fisik, Laporan Desa JM1...

Monitoring Dana Desa 2020 dan Titik Nol Bangunan Fisik, Laporan Desa JM1 Mendapat Apresiasi

0
Rapat monitoring Desa JM 1 bersama tim monitoring Kecamatan Nibung

MUARATARA,PE- Laporan keuangan dan bangunan fisik Desa Jadi Mulya 1 (JM1) yang menggunakan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (DD) tahun 2020, mendapat apresiasi dari Tim Monitoring Kecamatan Nibung, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Kamis (25/3/21).

Pemantauan pembangunan gedung Polindes yang dibangun tahun 2020

Dihadiri Camat Nibung Suharto bersama tim monitoring Kecamatan, kegiatan verifikasi dan evalusi laporan keuangan serta bangunan fisik tahun 2020, sekaligus dilakukan titik nol dua bangunan fisik tahun 2021 yang bersumber dari Dana Desa.

Camat Nibung Suharto usai kegiatan monitoring Desa Jadi Mulya 1 kepada Palembang mengatakan, kgiatan monitoring pihaknya bersama unsur Tripika Kecamatan Nibung, dalam rangka evaluasi Dana Desa yang telah dilakukan dan terealisasi pada tahun 2020 lalu.

Titik nol pembangunan fisik tahun 2021

Tujuan dari kegiatan itu adalah untuk mengetahui seberapa jauh serapan dari pengunaan Dana Desa itu, baik Dana Desa maupun ADD nya. Dimana dalam penggunaanya sudah sesuai atau tidak, dari aturan yang telah ditetapkan Pemerintah dalam pengunaan Dana Desa tersebut..

“Untuk bangunan fisik sendiri berdasarkan hasil monitoring hari ini yang bersumber dari Dana Desa tahun 2020 di Desa Jadi Mulya 1, terdapat dua bangunan fisik yakni pembangunan lapangan bola voli dan gedung Polindes yang telah diselesaikan 100 persen,’’ ungkapnya.

Evaluasi laporan administrasi keuangan tahun 2020

Menurutnya, berdasarkan hasil monitoring yang pihaknya lakukan, baik administrasi laporan keuangan pembangunan fisik tahun 2020 itu, untuk administrasinya sudah cukup baik. Namun hanya butuh dilengkapi saja, temasuk juga untuk pembangunan fisiknya.

Melalui kegiatan monitoring yang rutin dilakukan setiap tahun itu, dia berharap semua Kepala Desa khususnya di Kecamatan Nibung, dapat meminimalisir kesalahan-kesahan atau kekurang dalam laporan, baik administrasi secara manual maupun laporan aplikasinya.

Sementara Kepala Desa Jadi Mulya 1 Gunardi melalu Sekretaris Desa, Andri mengungkapkan, dari hasil monitoring unsur Tripika Kecamatan Nibung, ada sedikit catatan baik laporan administrasi maupun pembangunan fisik tahun 2020, yakni perlu dilengkapi sesuai apa yang disarankan oleh tim monitoring Kecamatan Nibung.

Pemantauan pembangunan fisik lapangan voli Desa JM 1

Untuk pembangunan fisik tahun 2021 sendiri, berdasarkan kesepakatan hasil Musrembang tahun 2020 dan hasil musyawarah rencana kerja desa bersama BPD serta masyarakat. Untuk tahun 2021 akan melakukan pembangunan fisik Gedung PAUD dan pembangunan Sarana Air Bersih (SAB) dilingkup kantor Desa JM1.

“Pembangunan itu dilakukan mengingat pembangunan SAB yang sebelumnya, diwancanakan akan dibangun melalui dana APBD, namun tidak terlaksana. Oleh karena itu akan kita bangun mengunakan Dana Desa, jadi berdasarkan RPJMDes yang telah dibuat sampai tahun 2024, Desa JM1 masih memiliki PR untuk pembangun saluran irigasi dan jalan desa yang masih banyak rusak,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, dikarenakan semua pembangunan tersebut kemungkinan tidak akan bisa tercover semua melalui Dana Desa, pihaknya berharap kedepan akan ada dukungan dari Pemerintah Kabupaten Muratara, dalam rangka mewujudkan semua yang diharapkan masyarakat tersebut. SON

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here