Home Sumsel Musi Banyuasin Perbaikan Permanen Jembatan Air Tilan II

Perbaikan Permanen Jembatan Air Tilan II

0
Petugas PPK 1.3 melakukan pengeboran untuk membuang coran lama di Jembatan Air Telan II

SEKAYU, PE- Jembatan Air Telan II penghubung Betung-Sekayu yang berada di ruas Jalan Lintas Tengah (Jalinteng), Desa Lumpatan Sekayu, Musi Banyuasin, Sumsel, yang kondisinya ambrol, kini telah mulai diperbaiki secara permanen, Jumat (26/3).

Kondisi jembatan ketika ambrol sempat dilakukan perbaikan sementara, oleh pihak Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BPPJN) V Sumsel melalui PJN 1 Palembang.

“Ya, sekarang petugas kita sedang melakukan perbaikan secara permanen,” kata PPK 1.3 Betung-Sekayu-Mangunjaya Endi Abdel Rozza.

Menurut Endi, mekanisme perbaikan dengan cara membongkar terlebih dahulu coran lama menggunakan alat bor. Kemudian baru diperbaiki lantai jembatan dengan cara grout atau dichipping, kemudian ditutup beton mutu tinggi. Setelah itu dilakukan pekerjaan injeksi pada bagian lantai jembatan, menggunakan cairan epoxi dan ditutup sealant.

“Karena patokan untuk pengeringan cor butuh 8 jam. Ini kan jalan nasional, jadi yang kita kejar waktu pengerjaannya yang harus kita percepat,” jelasnya

Setelah lantai diperbaiki dan diinjeksi, baru lah akan dilakukan perkuatan struktur lantai jembatan menggunakan Fiber Reinforced Plactic (FRP), selanjutnya barulah akan diaspal.

Sekedar untuk diketahui, oprit jembatan mengalami jebol dengan panjang 50 centimeter dengan dua lubang, hingga kawat-kawat yang ada dijembatan juga ikut terlihat. Meskipun begitu, tanda rambu-rambu telah dipasang oleh pihak Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BPPJN) Sumsel melalui Satker PJN Wilayah 1 SumSel. MUH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here