Home Sumsel Lahat Bangun Baru, Optimalkan Jembatan Gantung

Bangun Baru, Optimalkan Jembatan Gantung

0
Anggota DPRD Lahat Fraksi Demokrat, M Tabrani bersama Kadis PUPR, Mirza Azhary ST, Camat Pseksu, Megawati, Kades Lubuk Atung dan warga meninjau jembatan yang ambruk, Sabtu (3/4/2021). Foto : BERNAT/PALPRES

LAHAT, PE – Jembatan beton penghubung Dusun IV Transmigrasi I dan ll Tembeling Jaya dengan Desa Lubuk Atung, Kecamatan Pseksu sekitar pukul 09.00 wib, Jumat (2/4/2021), ambruk hingga kedalaman 8 meter.

Pihak Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) telah meninjau ke lokasi, dan direncanakan akan dibangun bentang baru. “Direncanakan akan dibangun baru, nantinya tumpuan dari jembatan akan dimundur sekitar 10 meter,” terang Kepala Dinas PUPR Lahat, Mirza Azhary ST, Sabtu (3/4/2021).

Namun, sambung Mirza, dana yang dibutuhkan tidak sedikit berkisar Rp 4 Milyar. Dikarenakan ini bencana alam, maka pihaknya akan meminta bantuan kepada Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan Pusat.

“Sifatnya darurat ini, makanya akan kita koordinasikan kepada Provinsi dan Pusat, sehingga jembatan yang ambruk bisa diperbaiki,” ucapnya.

Ditambahkannya, pihak PUPR Lahat akan mengoptimalkan bangunan jembatan gantung, sebagai sarana penyeberangan warga agar bisa beraktifitas. “Di lokasi, masih ada rangka besi jembatan gantung, dan kondisinya sangat baik. Kita akan pergunakan untuk sementara waktu,” beber Mirza.

Terpisah, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lahat dari Fraksi Demokrat, Muhammad Tabrani menuturkan, dirinya telah menerima laporan adanya jembatan ambruk di Lubuk Atung.

“Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dan Fraksi Demokrat telah menyampaikan kepada instansi terkait, supaya mengambil langkah-langkah selanjutnya,” ungkapnya. Sebab, masih kata dia, mayoritas warga Lubuk Atung dan desa lainnya, berkebun di sekitar areal Transmigrasi Tembeling Jaya.

“Banyak sekali hasil perkebunan didalamnya, apabila tidak segera diperbaiki, dikhawatirkan semuanya tidak bisa diangkut untuk dijual,” pungkas Tabrani. BRN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here