Home Sumsel Lahat Bupati Lahat: Jembatan Penghubung Trans Tembeling Jaya Segera Diperbaiki

Bupati Lahat: Jembatan Penghubung Trans Tembeling Jaya Segera Diperbaiki

0
Bupati Lahat, Cik Ujang SH didampingi jajaran, Camat Pseksu, Megawati ST MM, Kades Lubuk Atung, Erica Vivilia dan tokoh masyarakat, meninjau lokasi jembatan amblas, Jumat (9/4/2021). Foto : BERNAT/PALPRES

LAHAT, PE – Sepekan sudah amblasnya jembatan penghubung Desa Lubuk Atung, menuju Dusun V Transmigrasi Tembeling Jaya, sedalam 8 meter, dengan bentang 50 meter.

Jumat (9/4/2021), sekitar pukul 14.00 WIB, Bupati Lahat, Cik Ujang SH didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Mirza Azhary ST MT, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Drs H Ali Afandi MPdi dan jajaran, meninjau lokasi amblasnya jembatan yang menghubungkan Desa Lubuk Atung menuju Dusun V, Transmigrasi Tembeling Jaya, Kecamatan Pseksu itu.

“Jembatan penghubung menuju Dusun V, Transmigrasi Tembeling Jaya segera diperbaiki,” katanya. Sebab, sambung dia, akses jembatan tersebut merupakan jalur satu-satunya, warga beraktifitas berkebun, dan mengangkut hasil pertanian.

“Banyak sekali penduduk desa maupun luar Desa Lubuk Atung, berkebun disana. Jadi sangat vital sekali. Oleh karena itu, kepada PUPR dan BPBD dapat berkoordinasi,” ungkap Cik Ujang. Disamping itu, masih kata Cik Ujang, jembatan gantung dapat dihidupkan kembali, supaya ada alternatif masyarakat menuju ke kebun. “Jembatan gantung agar diperbaiki juga, secara pondasi dan bahannya masih dalam kondisi bagus,” pungkasnya.

Senada, Kepala BPBD Lahat, Drs H Ali Afandi MPdi didampingi Kepala Dinas PUPR, Mirza Azhary ST MT menuturkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan PUPR untuk menghitung dana yang dibutuhkan. “Kemungkinan juga, akan komunikasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel). Jika kalau anggaran tidak cukup,” terangnya.

Ditambahkan Mirza, estimasi dana yang dibutuhkan untuk membangun kembali jembatan sebesar Rp 4 Milyar. Selain itu, memfungsikan kembali jembatan gantung yang ada. “Kita hitung dulu, dan komunikasikan dengan pihak Pemprov Sumsel. Sebab, jembatan tersebut mesti dihancurkan dan dibuat baru,” tukasnya.

Sementara itu, Camat Pseksu, Megawati ST MM didampingi Kepala Desa (Kades) Lubuk Atung, Erica Vivilia mengemukakan, pihaknya menyambut baik rencana Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lahat akan memperbaiki jembatan penghubung, termasuk juga jembatan gantung. “Sangat senang sekali, untuk sementara warga yang hendak ke kebun mesti menyeberangi sungai, dan membawa hasil pertanian dijual ke pasar,” tutupnya. DEN/BRN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here