Home Warta Kodam Jaga Higienitas Tempat lbadah, Kodim 0105/Abar Ajak Polri, FKUB, dan Masyarakat Bersihkan...

Jaga Higienitas Tempat lbadah, Kodim 0105/Abar Ajak Polri, FKUB, dan Masyarakat Bersihkan Masjid

0
Prajurit TNl - Polri bersama FKUB dan masyarakat di Aceh Barat saat membersihkan masjid jelang Ramadhan

ACEH BARAT.PE- Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1442 H dan sekaligus tebarkan perdamaian, Anggota TNl dari Kodim 0105/Abar bersama Polri, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan masyarakat bergotong royong membersihkan lingkungan Masjid Baitul Hikmah yang ada di Desa Pasar Aceh dan Masjid Nurul Huda yang terletak di Jalan Merdeka Desa Kampung Belakang Kecamatan Johan Pahlawan, Minggu (11/4/2021).

Kegiatan gotong royong ini dipimpin langsung oleh Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P., dan dihadiri Pasiter Lettu lnf Khaerul Zein, S.H., Anggota FKUB Aceh Barat Pendeta Ferdinand Wakamaw, Majelis Pendeta Joshua Simanjuntak, Keuchik Kampung Belakang M. Eprizal, lmam Masjid Nurul Huda Ustad Nurul Hadi, dan masyarakat serta Siswa/Siswi Pramuka.

Sebelum aksi sosial kemanusiaan dan kerukunan ini melakukan bersih – bersih, terlebih dahulu melaksanakan apel guna mendengarkan arahan dari Dandim 0105/Abar.

Dalam sambutannya, Dandim mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan hasil inisiasi bersama antara Kodim 0105/Abar dengan FKUB saat melaksanakan Komsos beberapa hari lalu. Dan Alhamdulillah, lmplementasinya dapat dilakukan bertepatan dengan datangnya bulan Ramadhan.

“Gotong royong ini termasuk salah satu permintaan dari salah satu tokoh lintas agama beberapa hari lalu saat berdialog terkait kerukunan antar umat beragama, dan realisasinya kita buktikan hari ini dengan bergotong royong membersihkan masjid. Kegiatan ini juga sekaligus sebagai bentuk kegembiraan dalam menyambut Ramadhan, dan mempererat ukhuwah islamiyah dengan masyarakat sekitar. Disamping itu juga sebagai aplikasi tebar perdamaian dan kerukunan umat beragama, karena melibatkan beberapa tokoh lintas agama yang ada di Aceh Barat,” terang Dandim.

Dandim juga mengatakan, bahwa Masjid Nurul Huda ini termasuk salah satu masjid tertua yang menjadi saksi bisu dahsyatnya Tsunami 2004 dan perkembangan Kota Meulaboh dari masa ke Masa.

“Kegiatan ini merupakan bentuk partisipasi bersama, dan semoga bisa menciptakan kerukunan dan ketertiban antar pemeluk agama, sehingga dapat melaksanakan ibadah dengan rasa aman dan nyaman. Momentum ini juga dalam rangka terus menjaga iklim yang sejuk dan konfusif di wilayah teritorial Aceh Barat. Dengan melibatkan masyarakat dan FKUB, harapannya bisa membangun suasana harmonis yang bertujuan menjadikan Aceh Barat sebagai Kota Tauhid memiliki intensitas toleransi yang tinggi. Pada akhirnya bisa mengantarkan hubungan persaudaraan semakin erat tak hanya sesama masyarakat, akan tetapi antar umat beragama juga,” tegas Dandim.

Saat pelaksanaan gotong royong, pantauan dilokasi sejumlah anggota yang terlibat terlihat sibuk membersihkan ruanglingkup masjid baik dalam maupun bagian luar. Sementara itu, aksi bersih – bersih ini disambut baik oleh Pengurus Masjid dan warga sekitar. Kedepan, Dandim akan terus melakukan aksi serupa sesuai permintaan masyarakat. RIL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here