Home Palembang Pemprov Sumsel Galakkan Tumbuhnya Pojok Baca

Pemprov Sumsel Galakkan Tumbuhnya Pojok Baca

0
Ketua TP PKK Provinsi Sumsel Febrita Lustia didampingi Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel Fitriana dan Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara SMB II Palembang, Tommy Ariesdianto meresmikan Pocadi Bandara SMB II Palembang.

PALEMBANG, PE – Untuk meningkatakan minat baca masyarakat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) terus melakukan upaya menyiapkan sarana dan prasarana baca yang diikuti dengan edukasi literasi dan edukasi penggunaan teknologi informasi melalui Pojok Baca Digital (Pocadi).

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumsel Hj Febrita Lustia saat meresmikan Pocadi Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Kamis (1/4) mengatakan, Pemprov Sumsel dari awal telah berupaya menggalakkan tumbuhnya fasilitas pojok baca yang tersebar di 17 Kabupaten/kota di Sumsel.

“Pojok baca ini memang sedang kita galakkan di Sumsel. Baik di tingkat kabupaten/kota hingga tingkat kecamatan,” ungkapnya.

Wanita yang akrab disapa Feby menambahkan, Pocadi SMB II Palembang memberikan fasilitas bagi masyarakat yang hendak bepergian menggunakan jalur udara dengan menyiapkan fasilitas literasi yang represantatif, sehingga calon penumpang dengan nyaman bisa menambah pengetahuannya melalui membaca sembari menunggu waktu keberangkatan.

“Sembari menunggu jadwal pemberangkatan, kalangan orang tua bisa mengajak anak atau keluarga untuk mengisi waktu luang dengan membaca. Pocadi ini memberikan fasilitas bagi masyarakat secara umum dalam mendapatkan informasi lebih mudah,” terangnya.

Isteri Gubernur Sumsel Herman Deru ini menambahkan kehadiran pojok baca di Bandara Internasional SMB II Palembang diharapkan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat yang menggunakan.

“Diyakini dengan membaca selain mendapatkan manfaat tambahan ilmu juga mengulangi kepikunan utamanya karena faktor usia,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel Fitriana SSos mengatakan, pihaknya menyambut baik upaya pihak pengelola Bandara SMB II Palembang yang menyiapkan pojok baca sebagai salah satu upaya mendukung Pemprov Sumsel dalam meningkatkan pelayanan perpustakaan.

“Ini juga bertujuan meningkatkan jasa bandara. Selain itu, sasarannya memang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam industri 4.0 saat ini,” tegasnya.

Dia menjelaskan, sarana dan prasarana Pocadi SMB II menyediakan akses layanan berbasis digital dan manual. Untuk layanan digital akan terintegrasi dengan website Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel.

“Kita juga menyediakan 300 buku yang bisa digunakan masyarakat untuk mambaca. Pocadi SMB II juga disediakan fasilitas listrik dan internet gratis,” ucapnya.

Di lain pihak, Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara SMB II Palembang, Tommy Ariesdianto mengatakan, Pocadi merupakan salah satu cara edukasi masyarakat dalam menggunakan teknologi komunikasi.

“Pojok baca digital menggugah semangat dan minat baca kita untuk meningkatkan budaya literasi. Dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat Sumsel dan Indonesia,” imbuhnya.

Selain meresmikan Pojok Baca Digital SMB II Palembang, Feby juga melakukan penandatanganan Kesepakatan bersama antara Pemprov Sumsel dengan PT Akasa Pura II  tentang pojok baca digital dan perpustakaan digital mini, yang dilanjutkan dengan pemantauan layanan pemeriksaan Covid-19 Genose di Stasiun LRT Bandara SMB II Palembang. BET

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here