Home Sumsel Baturaja Tim Gabungan Temukan Makan Tak Layak Konsumsi

Tim Gabungan Temukan Makan Tak Layak Konsumsi

0
Tim gabungan yang terdiri dari Dinas Perdagangan Perindustrian Keperasi dan Usaha Kecil Menengah, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Satpol-PP dan TNI-Polri melakukan sidak menjelang Bulan Ramadhan 1442 H di pasar Pangkalan Balai, Senin (12/4/2021).

BANYUASIN, PE – Tim gabungan yang terdiri dari Dinas Perdagangan Perindustrian Keperasi dan Usaha Kecil Menengah, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Satpol-PP dan TNI-Polri melakukan sidak menjelang Bulan Ramadhan 1442 H di pasar Pangkalan Balai, Senin (12/4/2021).

Tim gabungan dari berbagai instansi pemerintah Kabupaten Banyuasin menemukan beberapa jajanan pasar, yang tak layak konsumsi karena mengandung zat berbahaya.

Mereka mengambil beberapa sampel makanan jajanan tersebut. Sebanyak tiga jenis terbukti mengandung bahan kimia berbahaya. Ketiga makanan itu, cincau hitam, kolang kaling, dan mie kuning yang mengandung boraks.

Meskipun terbukti mengandung bahan kimia berbahaya, tim pengawasan tidak melakukan penyitaan kepada barang-barang yang dijual itu dan masih melakukan pembinaan.

Asisten II Setda Kabupaten Banyuasin bidang perekonomian HM Yusuf mengatakan, dari hasil investigasi tim gabungan ini, sumber berbagai jenis makanan yang mengandung zat berbahaya itu didatangkan dari luar Banyuasin. Salah satunya, tahu kuning dari Pasar Jakabaring Palembang.

“Kita hanya mengambil sampel dan akan ditindak lanjuti oleh Satpol PP dan Polres Banyuasin yang lebih berwenang,” ujarnya.

Yusuf berharap, masyarakat lebih cerdas membeli jenis makanan di pasar. Salah satu yang umum diketahui adalah cincau atau kolang kaling, yang lebih kenyal jika menggunakan bahan kimia, serta biasanya menjadi lebih renyah rasanya.

“Jadi harus lebih selektif. Jangan sampai kita makan untuk sehat malah menjadi penyakit bagi tubuh kita,” ujarnya. BUD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here