Home Sumsel Lahat Tingkatkan Tumbuh Kembang Balita Melalui LBS

Tingkatkan Tumbuh Kembang Balita Melalui LBS

0
Wabup Lahat, H Haryanto SE MM MBA menyerahkan hadiah kepada balita pemenang LBS, Jumat (9/4/2021). Foto : DENI/PALPRES

LAHAT, PE – Bupati Lahat, Cik Ujang SH melalui Wakil Bupati (Wabup), H Haryanto SE MM MBA menyampaikan di era global ini harus memberikan lingkungan sosial, pendidikan dan tata pergaulan yang baik bagi anak. Dengan cara itu anak-anak dapat tumbuh dan berkembang, menyongsong masa depan yang cerah.

“Pemerintah memberikan perhatian pada peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan, pun memberikan peluang yang besar pada program inovatif, dapat meningkatkan kecerdasan kebugaran dan kesejahteraan bagi anak,” ungkapnya, Jumat (9/4/2021).

Melalui lomba balita sehat (LBS) ini, sambung dia, secara tidak langsung akan memberikan dampak pada pembinaan balita yang lebih baik. Untuk mencapai pembangunan di bidang kesehatan, yaitu meningkatkan sumber daya manusia (SDM). “Dimana masyarakat harus tetap di motivasi, untuk memelihara balita dan keluarganya,” terang H Haryanto.

H Haryanto menambahkan, pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga adalah gerakan pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah, bertujuan untuk mewujudkan keluarga keluarga sehat, maju dan mandiri. “Semoga dapat menjadi motivasi yang lain, dalam menumbuhkembangkan keluarga dan anak,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Lahat, Taufik M Putra SKM MM diwakili Sekretaris, Hj Elisah Aryani SKM MKes menuturkan, meningkatkan kualitas manusia melalui upaya pembinaan dan pengembangan kesehatan dan kesejahteraan balita di mulai sejak dini, sehingga tercipta proses tumbuh kembang anak secara optimal.

“Pun dengan kemampuan orang tua dalam membina tumbuh kembang anak secara optimal, meningkatkan motivasi masyarakat dalam pembinaan dan pembenahan kesehatan, meningkatkan kesadaran dan kemandirian masyarakat,” terangnya.

Diutarakannya, peserta adalah utusan dari 33 Puskesmas di Kabupaten Lahat dengan kategori umur 6-23 bulan, sebanyak 33 orang dengan 24-59 bulan. “Dengan tim juri dari Tim TP PKK, Dinkes Lahat, Dokter Spesialis Anak, Dokter Gigi dan Psikolog,” pungkas Hj Elisah. DEN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here