Home Palembang Warga Pulau Kemaro Minta Keadilan ke Pemkot Palembang

Warga Pulau Kemaro Minta Keadilan ke Pemkot Palembang

0
Puluhan warga Pulau Kemaro yang bermukim di 3 RT ,RT 20, RT24 dan RT 33 Kelurahan Sei Lais, Kecamatan Kalidoni, Palembang, saat menggelar demo ke kantor Pemerintah Kota Palembang, Senin (12/4).

PALEMBANG.PE- Puluhan warga Pulau Kemaro yang bermukim di 3 RT yakni RT 20, 24 dan 33 Kelurahan Sei Lais, Kecamatan Kalidoni, Palembang, Senin (12/4), melakukan aksi damai ke kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang. Dalam aksi itu warga mengaku resah lantaran awal Januari 2021 lalu, aparat Pemkot Palembang, Kepolisian dan Sat Pol PP dan lainnya melakukan pengukuran dan pematokan di kawasan lahan sawah warga.

Warga mengaku bertambah resah, karena setelah pematokan sawah, para pekerja melakukan penebasan, penggalian serta pengerukan tanpa seizin warga.

Menurut koordinator aksi, Ruslan, pihaknya tidak menghalangi pembangunan di Pulau Kemaro yang akan dijadikan destinasi wisata. Tapi caranya harus beretika, santun dan penuh kekeluargaan dengan warga, sementara di lapangan warga merasa tidak pernah diajak bermusyawarah.

“Kami menuntut Wali Kota Palembang melakukan pertemuan dengan warga untuk menjelaskan duduk permasalahan yang terjadi, stop aktivitas pembangunan pekerja proyek sampai ada kejelasan hak warga di lahan dan sawah milik warga,” katanya.

Warga juga minta agar Pemkot Palembang membuktikan kepemilikan lahan yang diklaim diatas lahan warga, secara jelas dan otentik.

“Kalau memang lahan tersebut milik Pemkot, warga minta kebijaksanaan Pemkot Palembang memberikan ganti rugi kepada warga,” katanya.

Sementara Asisten II Setda Kota Palembang Agus Kelana yang menerima warga Pulau Kemaro, mengapresiasi apa yang disampaikan warga. Dia berjanji akan meneruskan aspirasi warga Pulau Kemaro kepada Wali Kota Palembang, untuk diditindaklanjuti. DUD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here