Home Ekonomi Kawasan Musi II Makin Strategis, CitraLand Palembang jadi Pilihan Investasi Masa Depan

Kawasan Musi II Makin Strategis, CitraLand Palembang jadi Pilihan Investasi Masa Depan

0
Seorang petugas melakukan penyemprotan disenfektan di contoh rumah hunian Citraland Palembang, Kamis (6/5). Citraland Palembang memberikan pelayanan nyaman dan aman kepada calon pembeli rumah tetap aman bertransaksi di tengah pandemi covid-19. Foto : Alhadi Farid / Palembang Ekspres.

PALEMBANG, PE Kawasan Musi II Palembang dalam beberapa tahun terakhir terus berkembang seiring masifnya pembangunan infrastruktur di kawasan ini. Hal ini tentunya membuat kawasan tersebut semakin strategis.

Sebut saja pembangunan Kantor Pemerintahan Terpadu milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) yang saat ini sedang berjalan di kawasan Musi II yang diyakini dapat menjadi magnet investasi di wilayah tersebut.

Investasi yang paling memungkinkan adalah investasi properti. Apalagi di kawasan Musi II kini sudah ada Perumahan CitraLand Palembang yang dikembangkan Ciputra Group sejak 2017 dan menjadi daya tarik kawasan ini.

Ketua Real Estate Indonesia (REI) Provinsi Sumsel Zewwy Salim menilai, dengan adanya pembangunan kantor pemerintahan terpadu di Kawasan Musi II memberi keuntungan bagi pengembang-pengembang perumahan yang berada di sekitar kawasan itu, tidak terkecuali CitraLand Palembang.

“Dari sisi penjualan, CitraLand Palembang diuntungkan, karena lokasinya yang sangat dekat dengan cikal bakal pusat perkantoran Pemprov Sumsel. Artinya, kawasan ini akan semakin ramai, sehingga dari segi marketingnya akan lebih gampang untuk memasarkan (perumahan),” ungkap Zewwy.

Apalagi kata Zewwy, pembangunan Kantor Pemerintahan terpadu Pemprov Sumsel menjadikan kawasan ini menjadi akses utama semua kegiatan pemerintahan.

“Dampaknya luar biasa, di situ akan dibangun pusat perkantoran, artinya dengan kantor Gubernur dekat, CitraLand sebagai pengembang perumahan di kawasan itu bisa dikatakan kecipratan dari segi pemasaran. Hal ini juga akan mengakibatkan harga tanah di kawasan itu pasti naik, tak hanya di kawasan Musi II namun juga kawasan Gandus dan sekitarnya,” terang Zewwy.

Meskipun demikian, lanjut Zewwy, pengembang juga harus memiliki strategi untuk memasarkan propertinya terutama di kodisi pandemi virus corona atau coronavirus disease 2019 (covid-19) yang saat ini masih berlangsung, pengembang harus kreatif agar mendapatkan kepercayaan konsumen untuk berinvestasi di perumahan.

“Pengembang seperti CitraLand Palembang bisa menawarkan promo yang menarik, pemberian hadiah langsung atau keringanan uang muka, maupun menyelipkan keunggulan fasilitas yang ada di CitraLand Palembang termasuk lokasinya yang strategis dekat dengan pusat perkantoran sebagai upaya promosi,” ulas Zewwy.

Dia mengimbuhkan, kawasan Musi II merupakan salah satu dari kawasan pinggiran Kota Palembang yang menjadi daerah potensial untuk para pengembang dalam hal mengembangkan perumahan.

“Sebelumnya daerah pinggiran yang sudah berkembang itu seperti di Talang Jambe, Kalidoni, dan Sematang Borang, karena tanah semakin hari semakin mahal, sehingga daerah-daerah pinggiran ini yang masih terjangkau oleh pelaku pembangunan. Seperti di kawasan Musi II, ada CitraLand Palembang, kami dari REI tentu saja mendukung terutama untuk prospek konsumen,” papar Zewwy.

Saat ini lanjut Zewwy, perkembangan properti tahun 2021 mulai kembali menggeliat. Seperti diketahui, tahun  2020 industri properti ikut terdampak pandemi covid-19. Sedangkan di tahun 2019 pencapaian penyerapan KPR terutama di perumahan subsidi terkendala masalah kuota.

“Tahun ini kita menatapnya dengan optimis, kita berharap di semester 2 ini bisa reborn (kembali), dengan penyerapan KPR-KPR yang tertunda. Di semester 1 kita lihat penyerapannya sudah stabil meskipun belum seperti tahun 2019, namun kita optimis bisa kembali bangkit,” tukasnya.

Sementara itu, General Manager CitraLand Palembang Tony Kustono melalu Marketing Manager CitraLand Palembang Vania Santoso mengatakan, pembangunan kawasan perumahan CitraLand Palembang mendapat respon positif dari masyarakat, tak hanya Palembang namun juga dari luar Palembang, khususnya masyarakat yang mendambakan hunian yang nyaman, aman, terpadu dan berada di lokasi strategis.

“CitraLand Palembang bisa menjadi jawaban akan kebutuhan perumahan yang terintegrasi sesuai komitmen kami mengedepankan konsep kota yang berkesinambungan,” ungkap Marketing Manager CitraLand Palembang Vania.

Diakui Vania, pembangunan infrastruktur di kawasan Musi II ikut mempengaruhi penjualan hunian di CitraLand Palembang. Saat ini Pemprov Sumsel tengah membangun kawasan Kantor Pemerintahan Terpadu seluas 90 hektar (Ha) yang lokasinya berada di kawasan Musi II, tak jauh dari lokasi perumahan CitraLand Palembang.

“Pasti berpengaruh (pada penjualan), karena perumahan itu berpengaruh dengan lokasi, sekarang masyarakat melihat bahwa kawasan Musi II khususnya yang di depan CitraLand ini adalah jalur utama yang dilewati, misal akses menuju pintu tol dari CitraLand dekat sekali sehingga masyarakat merasa aksesnya juga dekat mau kemana-mana dekat. Ditambah pembangunan di sekitar CitraLand seperti kantor pemerintahan, temasuk nantinya ada pelebaran jalan juga akan pendukung pengembangan kawasan ini,” terang Vania.

Saat ini sambung Vania, progres pembangunan hunian di CitraLand terus berjalan, di tahap awal, pihaknya telah membuka tiga cluster yaitu Cluster Lugano, Cluster Onega dan Cluster Inari dengan total 600 rumah dari 4.000 rumah yang akan dibangun.

“Untuk Cluster Lugano progres pengerjaan bahkan sudah mencapai 90 persen, kalau untuk Cluster Onega dan Inari karena memang clusternya besar dan pembangunannya juga bertahap, progresnya juga sudah lebih dari 50 persen. Dari semua cluster saat ini juga sudah ada 60 rumah yang dihuni dan lebih dari 100 unit yang sudah dilakukan serah terima kunci,” sambung Vania.

Bahkan untuk Cluster Lugano ditahap pertama sudah terjual habis, sehingga pihaknya membuka lagi perpanjangan Cluster Lugano tahap kedua. “Termasuk untuk Cluster Onega dan Inari stok (hunian) juga sudah tidak banyak, jadi kita siapkan penambahan juga,” tambahnya.

Meski dalam kondisi pandemi covid-19, penjualan properti khususnya di CitraLand masih terbilang positif dan mengalami peningkatan penjualan di Semester II tahun 2020.

“Tentu saja banyak faktor pendukung, salah satunya memang lingkungan sekitar CitraLand, adanya pembangunan pusat pemerintahan terpadu, jalan tol hingga pelebaran jalan di kawasan ini menjadi daya jual bagi kami. Bisa kita bayangkan dengan pembangunan kawasan pemerintahan seluas itu, akan ada banyak orang yang datang kesitu, area komersil sudah pasti hidup di kawasan itu,” jelasnya.

Maka dari itu, pihaknya juga mempercepat realisasi pembangunan kawasan komersil CitraLand G Walk tepatnya berada di area paling depan kawasan CitraLand. “Ini merupakan fasilitas komersil yang pertama yang kita bangun. Sehingga dengan dibangunnya kawasan pemerintahan seiring dengan kawasan komersil yang akan kita bangun,” urainya.

Pembangunan di dalam kawasan CitraLand juga terus berjalan, tak hanya rumah namun juga fasilitas pendukung lainnya. “Untuk fasilitas di dalam perumahan sudah banyak yang jadi, seperti taman-taman, danau, jogging track yang sudah bisa dimanfaatkan oleh penghuni,” kata Vania.

Melihat banyaknya pembangunan kawasan Musi II, tak jarang konsumen yang membeli hunian di CitraLand Palembang untuk berinvestasi.

“Memang ada yang membeli tujuannya nanti untuk disewakan, karena dengan adanya pembangunan kantor pemerintahan jika sudah operasional, bukan tidak mungkin pegawai pemerintah ini akan mencari rumah yang tidak jauh dari kantor. Salah satu pilihannya pasti ke CitraLand, karena sangat dekat hanya dua menit menuju kantor. Sehingga konsumen kami bisa menyewakan rumah-rumah yang mereka beli ini,” paparnya.

Adapun berbagai keunggulan yang dihadirkan CitraLand Palembang di antaranya area lingkungan hijau yang ditata dengan sangat baik seperti taman dan danau, dari sisi keamanan disediakan security dan penjagaan 24 jam, tiap cluster juga memiliki gate masng-masing tidak bercampur sehingga keamanan, kenyamanan dan privasi penghuni semakin terjaga,” terangnya.

Ditambah lagi, tahun ini, pihaknya sudah menyiapkan area komersil seluas 10 hektar ditambah fasilitas lain seperti sekolah dan shopping mall untuk mendukung kemudahan hidup mereka jika tinggal di CitraLand.

“Kami berharap, dengan pesatnya pembangunan di kawasan Musi II ini semakin menarik minat masyarakat untuk membeli hunian di CitraLand Palembang, tak hanya sebagai tempat tinggal namun juga untuk berinvestasi jangka panjang,” tutup Vania.(BETHANICA SUSMANDA)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here