Home Sumsel Martapura Petani Sawah Batin Sari Harapkan Bantuan Mesin Pompa Air

Petani Sawah Batin Sari Harapkan Bantuan Mesin Pompa Air

0
Petani sawah tadah hujan Dusun Batin Sari saat panenĀ 

MARTAPURA,PE – Kalangan petani Dusun Batin Sari Kecamatan Martapura berharap ada bantuan mesin pompa air, untuk pengairan sawah tadah hujan daerah tersebut. Pasalnya bila datang musim kemarau panjang, sawah mereka akan mengering.

“Kami berharap ada bantuan atau pinjam mesin pompa air untuk pengairan sawah tadah hujan milik petani disini, karena bila musim kemarau panjang sungai kecil yang kami andalkan selama ini juga akan kering,” kata Mang Abas, salah satu petani,yang diwawancari awak media, Minggu (16/05).

Dikatakanya, dampak musim kemarau lahan persawahan tadah hujan di wilayah Batin Sari akan mengalami kekeringan. Sehingga dia tidak dapat menanam padi, karena lahan sawahnya akan mengering.

“Jangankan areal persawahan kami, kali dan sungai pun yang biasanya dipergunakan untuk mengaliri areal persawahan saat ini juga mulai mengering,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, untuk bantuan mesin selama ini petani tadah hujan Batin Sari belum pernah dapat bantuan dari Dinas terkait.

“Kami belum pernah dapat bantuan mesin, bibit, dan pupuk. Kami sangat harpkan pemerintah peduli dengan kondisi kami,” jelasnya.

Hal yang sama dikatakan oleh Suparman (40). Dia mengatakan kondisi kemarau dampaknya cukup dirasakan, karena bila panen padi hasilnya cukup merosot. Dari lahan sawah yang dimilikinya biasanya dapat menghasilkan kurang lebih 30 karung gabah, tapi saat kemarau hanya 15 karung gabah saja.

“Musim kemarau, berdampak sekali. Selain hasilnya minim, kita tidak dapat menanam padi karena tidak ada air karena sawah akan mengering,”pungkasnya. MAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here