Home Adhyaksa Sriwijaya Teken MoU Hukum Bidang Perdata dan TUN

Teken MoU Hukum Bidang Perdata dan TUN

0
Kajari Lahat, Fithrah SH MH saat menandatangani MoU dihadapan Wabup Lahat, H Haryanto SE MM MBA, Jumat (7/5/2021). Foto : DENI/PALPRES

LAHAT, PE – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lahat dan Kejaksanan Negeri (Kejari) melakukan Memorandum of Understanding (MoU) hukum bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (TUN), dengan penandatanganan MoU antara Bupati Lahat, Cik Ujang SH diwakili Wakil Bupati (Wabup), H Haryanto SE MM MBA dan Kepala Kejari, Fithrah SH MH, bertempat di Opsroom Setda Lahat, Jumat (7/5/2021).

H Haryanto mengatakan, dengan MoU ini Pemda Lahat termasuk didalamnya OPD bekerjasama untuk pengamanan, supaya tidak ada kesalahpahaman antara pemerintah dan aparatur hukum lainnya.

“MoU ini dapat memberikan pendampingan hukum dan lainnya, dalam mengantisipasi di dalam permasalahan hukum dan tindakan hukum lainnya,” ulasnya.

Ditambahkannya, agar terjalin hubungan yang harmonis, maka kepada OPD hendaknya berkonsultasi kepada penegak hukum yang ada di Kabupaten Lahat guna memimalisir kesalahan.

“Setiap tindakan dalam bekerja ada resikonya, nah, untuk menghindarinya tentunya kita perlu berkomunikasi sehingga dalam penyampaian laporan tidak ada kendala, terlebih lagi kaitannya dengan hukum,” tegas H Haryanto.

Sementara itu, Kajari Lahat, Fithrah SH MH menuturkan, pelaksaaan MoU ini merupakan penjabaran dari Pasal 30 ayat 2 UU No 16/2004 mengenai bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, Kejaksaan dengan kuasa khusus dapat bertindak baik di dalam atau di luar pengadilan, untuk dan atas nama negara atau pemerintah.

“Adapun ada lima tugas pokok sebagai Jaksa Pengacara Negara yaitu bantuan hukum,pertimbangan hukum, pelayanan hukum, penegakan hukum dan tindakan hukum lainnya,” terangnya.

Tentunya, sambung dia, pihaknya berkomitmen untuk membantu Pemda Lahat. Besar harapan penandatanganan MoU ini bukan hanya seremonial saja, tetapi dapat memberikan kontribusi untuk pemerintah.

“Harapan kami Pemda Kabupaten Lahat semakin Bercahaya dan semakin gemilang dalam pembangunan,” beber Fithrah. DEN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here