Home Palembang Dilaporkan Ke Komnas HAM, Ketua MKK Sumsel: KPK Sesuai UU dalam Tes...

Dilaporkan Ke Komnas HAM, Ketua MKK Sumsel: KPK Sesuai UU dalam Tes TWK

0
Aksi Masyarakat Miskin Kota Provinsi Sumatera Selatan, belum lama ini.

PALEMBANG, PE – Aksi perlawanan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) sebagai syarat alih status menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), terus berlanjut.

Bahkan kabar terbaru yang berhasil dihimpun oleh wartawan Palembang Ekspres, hal ini sudah dilaporkan ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Menanggapi hal tersebut, Ketua Masyarakat Miskin Kota (MMK) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Arifin Kalender menuturkan, bahwa sesuai dengan undang-undang Nomor 26 tahun 2000, masalah pelanggaran HAM telah diatur dua pelanggaran HAM berat yaitu genosida dan kejahatan kemanusiaan.

“Hal ini kita melihat jelas bila ada pelanggaran HAM berat yang terjadi, barulah Komnas HAM turun. Kenapa tidak Komnas HAM mengurusi kejahatan kemanusiaan di masa lalu, seperti kasus Munir yang sampai saat ini belum terselesaikan,” ujarnya, Selasa (8/6).

Bahkan yang terbaru kasus Komnas HAM yaitu gerakan kelompok kriminal teroris bersenjata di Distrik Ilaga Kabupaten Puncak, Provinsi Papua, dimana satu korban meninggal dunia, Kamis (3/5). Juga tiga korban meninggal dunia pada 4 Juni 2021, di Bandar Udara Aminggaru Kabupaten Puncak, Provinsi Papua.

“Dengan begitu kita melihat sangat jelas gerakan pelanggaran HAM, dan ini yang harus dikejar oleh Komnas HAM bukan pelaksana undang-undang yang di kejar Komnas HAM,” katanya.

Oleh sebab itu pihaknya meminta Komnas HAM tidak terbawa arus dalam kasus tersebut.

“Kita memastikan KPK ini bukan pelaksana undang-undang sehingga kita meminta Komnas HAM berjalan dengan apa adanya jangan turut campur interen KPK,” tutupnya. KUR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here