Home Pendidikan 40 Guru Ikut Seminar Pelatihan Kompetensi Guru

40 Guru Ikut Seminar Pelatihan Kompetensi Guru

0
Para guru yang ikut dalam seminar pelatihan kompetensi guru, yang diberikan oleh PT Pertamina Drilling Service Indonesia (PDSI) Sumatera Bagian Selatan (SBS).

PRABUMULIH.PE- Menghadapi zaman milenial para guru SMA di tiga sekolah, yaitu SMAN 1, SMAN 2, dan SMAN 5 dibekali kemampuan Informasi Teknologi (IT) dan juga kompetensi guru untuk ditingkatkan.

Pembekalan tersebut sengaja diberikan PT Pertamina Drilling Service Indonesia (PDSI) Sumatera Bagian Selatan (SBS), lewat program CSR Pertamina Cerdas bentuk kepedulian perusahaan di dunia pendidikan.

Asmen Project dan Support PDSI area SBS, Suharto menjelaskan, kalau PDSI sangat mensupport untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

“Tantangan guru makin besar dan pelik di zaman digital dan milenial ini. Program CSR kita ini bisa memberikan tambahan ilmu dan pengetahuan, sebagai modal utama,” katanya, Jumat (6/9).

Suharto menerangkan, di era digital gadget bisa simalakama kalau tidak terkena dengan baik. “Kegiatan ini, komitmen perusahaan meningkatkan salah satu pilar lewat Pertamina Cerdas,” bebernya.

Masih kata Suharto, kegiatan ini diikuti 40 orang guru dari tiga sekolah. Dalam rangka Pertamina Cerdas, membekali guru dalam meningkatkan kompetensinya.

“Seminar nasional dan pelatihan kompetensi ini menghadirkan nara sumber mumpuni di bidangnya. Baik, IT, literasi, psikologi, kurikulum, dan lainnya. Dua hari kita gelar, tidak hanya teori. Tetapi, praktik supaya benar-benar bermanfaat,” terangnya.

Sementara itu, Kabid Kurikulum Disdikbud Provinsi, DR Arwan MPdI menerangkan, seminar dan pelatihan ini sebagai langkah mempersiap guru menghadapi era digital dan kompetensi guru.

“Ini langkah besar, seminar nasional seperti ini ditunggu-tunggu dan dinanti. Tantangan guru makin berat, banyak bekal perlu disiapkan guru, untuk mengajar. Harapannya, ke depannya lebih banyak lagi pesertanya,” pesannya.

Lanjutnya, guru-guru mengikuti kegiatan ini bisa menjadi agen perubahan dan pembaruan bagi dunia pendidikan di kota ini. “Apalagi, narasumber sudah berkompten dan ahli di bidangnya,” katanya.

Sedangkan Asisten III Pemkot Prabumulih HM Rasyid Sag MM menyebutkan, kalau Pemkot mengapresiasi menempatkan CSR di Prabumulih.

“Apalagi, kegiatan ini memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan di kota ini. Lewat kegiatan ini, kata dia bisa memberikan pencerahan bagi guru SMA, guna menghadapi era industri 4.0 dan peradaban 5.0,” tandasnya.

Sementara narasumber yakni Prof Dr HE Mulyasa MPd mengatakan, seminar nasional kompetensi guru ini sangat penting diikuti oleh para guru guna membentuk karakter guru di era revolusi industri.

“Tentu kita perlu mendorong kegiatan ini yang profesional, guna mendukung dan membentuk karakter guru dalam era revolusi industri, demi terwujudnya pendidikan kompetensi guru di kota Prabumulih,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Sekolah SMAN 1 kota Prabumulih, Freni Listiyan SPd MM menambahkan, seminar nasional dan pelatihan kompetensi guru sangat perlu diikuti dalam membentuk karakter para guru apalagi di jaman era industri yang makin canggih.

“Semua guru di SMAN 1 banyak yang saya kirim untuk ikuti pelatihan tersebut. Sehingga ilmu yang didapat dari narasumber yang berkompeten tersebut bisa diterapkan ke sekolah,” pungkasnya. RAY

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here