Home Pendidikan 44 Siswa PKBM Athree Ujian Paket C

44 Siswa PKBM Athree Ujian Paket C

0
Pengelola PKBM Three Palembang Purnama Sari berfoto bersama siswa sebelum mengikuti Ujian Paket C, Ahad (14/4). Foto : Trisno/Palpres

PALEMBANG, PE – Sebanyak 44 orang mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) paket C setara SMA di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Athree yang beralamat di Jalan KH Ahmad Dahlan No 17, Kecamatan Bukit Kecil, Ahad (14/4). Puluhan siswa ini mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sehingga jawaban langsung dikirim ke pusat.

Dari hasil pantauan, pelaksanaan UNBK paket C yang sudah dua kali diadakan oleh PKBM Athree ini pun berlangsung lancar, mereka yang mengikuti UNBK paket C ini juga akan ujian selama 4 hari dengan 7 bidang studi yang diujikan.

“Pelaksanaan UNBK Paket C ini kita lakukan secara mandiri sejak tahun lalu. Pelaksanaan UNBK ini merupakan tahun kedua sejak berdirinya PKBM pada 2016 lalu,” terang Pengelola sekaligus pemilik PKBM Athree Palembang, Purnama Sari.

Dia menjelaskan, peserta UNBK paket C di PKBM Athree ini rata-rata mengambil jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

“Tahun ini semua peserta UNBK paket C yang ikut itu dari jurusan IPS semua kalau tahun lalu masih ada yang jurusan IPA kalau tahun ini dari IPS semua. Dan UNBK di sini mandiri tidak menumpang, di sini kami pakai 1 ruangan jumlah komputernya 40 unit,” ujarnya.

Dia juga mengatakan peserta yang mengikuti ujian paket C atay setara SMA ini nantinya bisa melanjutkan kuliah seperti pelajar yang belajar di sekolah formal. “Mau jadi PNS bisa, kuliah bisa bahkan mau daftar jadi anggota Polri atau TNI juga bisa,” katanya.

Sementara itu, untuk bisa mengikuti UNBK paket C atau setara SMA di PKBM Athree ini harus mendaftar terlebih dahulu dan wajib mengikuti proses belajar mengajar. “Daftar dulu ke sini, bawa ijazah terakhir (khusus paket B dan C) yang telah dilegalisir sebanyak 5 lembar,” katanya.

“Menyerahkan rapor dari sekolah (bagi yang putus sekolah), fotokopi akta kelahiran (khusus paket A) yang sudah dilegalisir sebanyak 5 lembar, foto ukuran 3×4 cm latar belakang merah sebanyak 10 lembar, isi formulir dan membayar uang pendaftaran Rp500 ribu,” katanya.

Untuk kegiatan belajar mengajar seminggu 3 kali, dan biaya lainnya, Purnama mengatakan memudahkan siswanya bahkan yang tidak memiliki biaya akan diberikan beasiswa. “Kami pakai subsidi silang, yang berada kan bisa membantu, untuk biaya perbulan kami sesuaikan dengan keuangan siswa kami,” katanya.

Salah satu peserta UNBK paket C atau setara SMA, Shofiyatu Khonsa (18) mengatakan kalau dia harus mengambil paket C karena ingin kuliah di Kairo, Mesir. “Selama ini belajar di Ponpes Mutiara Sunnah, di sana itu ada belajar akademik tapi di tahun terakhir saja, kebanyakan belajar dan menghafal Alquran karena memang kan tujuannya untuk jadi penghafal,” katanya.

“Tapi karena saya ingin melanjutkan kuliah di Kairo, harus ada ijazah jadi ikut paket C di sini (PKBM Athree), saya rencana mau ambil beasiswa dengan jalur hafalan minimal hafalan 2 juz,” ujar perempuan yang sudah menghafal 30 juz Alquran hanya dalam 1 tahun ini. RIS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here