Home Palembang Air PDAM Dicampur Disinfektan, Warga Keluhkan Air Berbau

Air PDAM Dicampur Disinfektan, Warga Keluhkan Air Berbau

0
Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Musi, Andi Wijaya.

PALEMBANG, PE – Upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi melakukan peningkatan dosis dengan cara menambahkan disinfektan (klorinasi) sehingga mengakibatkan air yang sampai ke rumah pelanggan sedikit berbau.

Hal ini diakui Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Musi, Andi Wijaya. Menurut dia, peningkatan dosis ini bertujuan untuk mencegah penyebaran pandemik yang mematikan ini. Namun, dia menegaskan, jika dosis tersebut masih dinilai aman.
“Ini tidak membahayakan dikarenakan masih dalam ambang batas yang diizinkan sesuai Permenkes No 429/2010,” tegas Andi, Rabu (25/3).

Peningkatan dosis tersebut, kata Andi baru hari ini dilakukan. Untuk masyarakat diharapkan tidak panik, karena air bersih yang mengalir ke rumah-rumah masih bisa dikonsumsi. “Baru hari ini kita lakukan peningkatan, tapi ini masih aman,” kata dia lagi.

Ditanya terkait batas peningkatan dosis disinfektan ini, Andi menegaskan sampai wabah Covid-19 ini berakhir dan dosisnya juga akan dicabut. “Ini juga salah satu upaya kita agar Virus Corona tidak cepat menyebar,” jelasnya.

Andi berharap dengan peningkatan dosis disinfektan ini, pada ujung pengaliran kandungan klorin masih maksimal sehingga berfungsi sebagai sterilisasi agar air terbebas dari bakteri E-coli dan coliform, juga diharapkan sebagai disinfektan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Mudah-mudahan cepat berlalu, kita juga ingin normal kembali. Tapi untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 ini, akan lebih sempurna dengan mencuci dengan sabun dan air bersih dari PDAM,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang warga Kelurahan Sungai Pangeran, Farida mengaku baru hari ini airnya berbau, biasanya tidak seperti ini dan sedikit keruh.

“Baunya menyengat, baru hari ini. Saya takut sempat khawatir, tapi kalau dimasak mungkin lebih baik,” katanya. DYN

Baca Juga  Dua Pasien PDP OKU Timur Dinyatakan Negatif Corona
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here