Home Palembang Antisipasi Corona, Kantor Disbudpar Sumsel dan Monpera Disemprot Disinfektan

Antisipasi Corona, Kantor Disbudpar Sumsel dan Monpera Disemprot Disinfektan

0
Kepala Disbudpar Sumsel Aufa Syahrizal, Kepala UPTD Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa Chandra Amprayadi dan Tim Konservasi Museum Negeri Provinsi Sumatera Selatan Balaputra Dewa foto bersama sebelum penyemprotan disinfektan di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel, Rabu (23/3).

PALEMBANG, PE – Tim Konservasi Museum Negeri Provinsi Sumatera Selatan Balaputra Dewa melakukan penyemprotan disinfektan di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sumatera Selatan dan Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera), Rabu (23/3) pagi.

Antisipasi Corona, Kantor Disbudpar  Sumsel dan Monpera Disemprot Disinfektan 1
Koordinasi sebelum melakukan penyemprotan disinfektan di Monpera.

“Hari ini, sesuai dengan arahan Pak Gubernur, setiap OPD, dinas, badan, dan kantor untuk melakukan pembersihan lingkungan kantor dan sekitarnya melalui penyemprotan cairan disinfektan,” kata Kepala Disbudpar Sumsel Aufa Syahrizal didampingi Kepala UPTD Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa Chandra Amprayadi.

Dikatakannya, penyemprotan disifektan juga dilakukan di sejumlah obyek wisata, yang jadi kewenangan Disbudpar Sumsel, yakni Museum Negeri Provinsi Sumsel Balaputra Dewa, Taman Bukit Siguntang, Monpera, dan berbagai tempat strategis yang jadi titik keramaian.

“Kita lakukan penyemprotan untuk sterilisasi, guna melindungi masyarakat dari penyebaran Virus Corona atau Covid-19,” ujarnya.

Tim penyemprot disinfektan, ia mengatakan, merupakan Tim Konservasi Museum Balaputra Dewa. Mereka memang telah berpengalaman dalam penyemprotan disinfektan.

“Cairan kimia untuk obat disinfektan ini, mereka buat sendiri. Mereka juga dilengkapi dengan peralatan penyemprotan, termasuk pakaian dan masker. Maka saya perintahkan untuk melakukan penyemprotan di kawasan strategis, yang jadi tempat berkumpul orang ramai. Di antaranya kantor dinas kita sendiri dan Monpera,” tuturnya.

Ia mengimbau Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten dan Kota untuk melakukan hal serupa. Sehingga diharapkan Sumsel akan terbebas dari terjangkitnya Covid-19.

“Setelah ini kita akan lakukan penyemprotan di Bukit Siguntang. Kemarin kita lakukan di lingkungan TPKS Karanganyar, termasuk Museum Balaputra Dewa,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Museum Subkoss Garuda Sriwijaya di Lubuk Linggau juga akan dilakukan penyemprotan disinfektan.

“Saya sudah perintahkan pengelolanya untuk melakukan penyemprotan disinfektan,” ucapnya.

Baca Juga  30 ribu Napi se Indonesia Dibebaskan, Sumsel Siap - siap Kebagian, Ini Syaratnya

Menurutnya, sejumlah obyek wisata yang jadi kewenangan Disbudpar Sumsel ditutup untuk umum buat sementara waktu. Namun karyawannya tetap masuk kerja secara bergiliran. Sebagian lagi kerja dari rumah.

Tim di bawah komando Kepala Disbudpar Sumsel Aufa Syahrizal mengawali penyemprotan disinfektan di Kantor Disbudpar Sumsel. Tiap ruangan disemprot, termasuk ruang kepala dinas.

Target penyemprotan disinfektan difokuskan pada titik yang sering dipegang orang, seperti pegangan pintu, tangga, dan perabotan seperti kursi dan meja. Saat penyemprotan, kantor dalam keadaaan kosong lantaran hari ini merupakan hari libur nasional.

Setelah dari Kantor Disbudpar, Aufa didampingi Kepala UPTD Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa Chandra Amprayadi dan tim bergerak ke Monpera, yang menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Palembang. Di sini, tim menyemprotkan disinfektan di taman depan Monpera, lalu kursi, dan titik-titik lainnya yang sering disentuh atau dipegang orang.

“Ikhtiar sudah. Tinggal berdoa kepada Allah SWT,” pungkas Aufa. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here