Home Sumsel Antisipasi Kebakaran, Pol PP dan Damkar Muratara Latih Gunakan APAR

Antisipasi Kebakaran, Pol PP dan Damkar Muratara Latih Gunakan APAR

0
Simulasi penanganan api yang dilakukan oleh Satpol PP dan Damkar Muratara, Senin (2/12).

MURATARA, PE- Agar titik api tidak hingga memicu kebakaran, baik di kantor maupun rumah masyarakat, Satuan Polisi Pamong Peraja (Satpol-PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) mengajarkan pengunaan Alat Padam Api Ringan (APAR), Senin (2/12).

Bertempat di Puskesmas Nibung, simulasi pencegahan kebakaran yang diikuti seluruh tenaga medis Puskesmas itu digelar bertujuan untuk tindak pencegahan sebelum api membesar dan agar warga tidak panik saat menemukan titik yang memicu kebakaran.

Kepala Satpol PP Muratara, Firdaus SH M.Hum melalui Kasi Opsdal Hendri Ashari SE, MM usai kegiatan mengatakan, tujuan pihaknya melakukan simulasi itu untuk mengajarkan seluruh tenaga medis yang ada disana maupun masyarakat dalam antisipasi atau cara pencegahan saat ada titik api yang dapat memicu terjadinya kebakaran.

“Dalam hal itu contohnya seperti konsleting listrik, dimana bila tidak segera dipadamkan dapat menjadi besar dan menjadi kebakaran hebat. Jadi yang kita ajarkan bagaimana cara memadamkan titik api, serta cara pengunaan APAR saat menyemprotkanya pada titik api,” terangnya

Melalui cara itu, dia berharap semua baik tenaga medis yang ada disana mengerti betul apa yang harus dilakukan bila menemukan kebakaran. Ditambah bila memang api sudah membesar dan tidak bisa dijinakan lagi, agar segera mungkin bisa menghubungi pihaknya.

Menurut Hendri, filosofi api sendiri sangat jelas yakni bila masih kecil bisa disebut teman, tetapi bila sudah membesar dan menjadi kebakaran api disebut musuh. “Artinya semua harus cepat dikendalikan dan bisa dipadamkan, ketika api itu masih dalam kecil,” tutupnya. SON

Baca Juga  17 Desa di Rawas Ulu Berlakukan Waktu untuk Bertamu
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here