Home Sumsel Muara Rupit Antisipasi Keributan Antar Desa, 48 Kades Akan Ikuti Pelatihan

Antisipasi Keributan Antar Desa, 48 Kades Akan Ikuti Pelatihan

0

MURATARA, PE- Dalam upaya mencegah terjadinya keributan akibat tampal batas desa, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) bakal mengikutkan 48 Kepala Desa (Kades) di Muratara pelatihan tata ruang, khususnya terkait tampal batas.

Hal tersebut seperti disampaikan langsung Kepala Bappeda Kabupaten Muratara, Erwin Syarif, usia rapat bersama Kades di Ruang Bina Peraja Setda Muratara, Senin (18/11). Menurut Erwin, 48 Kepala Desa dalam wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara akan mengikuti pelatihan tata ruang khususnya terkait tapal batas desa di Institut Pertanian Bogor (IPB), selama satu minggu.

Dijelaskan Erwin, Pemda Kabupaten Muratara perlu melaksanakan hal itu karena selama ini seringnya terjadi keributan antara desa terkait masalah masalah tampal batas. Biasanya yang memicu keributan, karena ada kekayaan alam dan potensi yang diperebutkan disana, seperti tambang, kebun, perusahaan dan sebagainya.

“Karena kita sudah ada kerjasama dan MoU, bersama IPB maka kita mengajak 48 Kades ini nantinya untuk mengikuti pelatihan disana. Wacananya pelaksanaan itu selama satu minggu, mulai 25-30 November bulan ini Keberangkatan dari Bandara Silampari Lubuklinggau, sampai di Jakarta naik bis menuju ke Bandung,” ungkapnya.

Dalam pelatihan itu, nantinya kades-kades itu akan diajarkan cara menggunakan GPS. Dengan mereka sudah mengerti cara mengunakan alat itu, nanti bisa diterapkan di desanya masing-masing untuk mengatahui batas desanya dan disamping itu juga mereka akan diajarkan cara membuat Peta Desa

“Tidak semua Kades di Muratara ikut dalam pelatihan tersebut. Dikarenakan keterbasan biaya peserta saat ini, jadi bagi yang nanti ikut pelajarilah dengan sebaik-baiknya,sehingga ketika pulang nanti pelatihan nanti bisa diterapkan,”harapnya. SON

Baca Juga  Salurkan Hobby, Contan Ngentrek Bareng Anggota
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here