Home Sumsel Bangunan Candi Bumi Ayu Dijadikan Nisan

Bangunan Candi Bumi Ayu Dijadikan Nisan

0
Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata PALI, Filomina Emawati melihat dugaan bangunan Candi Bumi Ayu yang dijadikan nisan di TPU Tanah Abang Selatan, Tanah Abang, PALI.

PALI, PE – Salah satu bangunan yang diduga peninggalan Candi Bumi Ayu dijadikan nisan di areal Tempat Pemakaman Umum (TPU) warga Tanah Abang Selatan, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Kuat dugaan jika bangunan berbentuk bata dengan dihiasi berbagai ornamen ciri khas Candi agama Hindu tersebut, sengaja dipasang warga sebagai penghias makam.

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dinas Pariwisata Kabupaten PALI, Filomina Emawati mengatakan, adanya temuan bangunan Candi Bumi Ayu di TPU Tanah Abang Selatan, setelah sebelumnya ditemukan relief candi berbentuk burung di sekitaran areal tersebut.

Bahkan imbuh wanita yang akrab disapa Ema, tim arkeolog dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi, serta arkeolog dari Jakarta juga sudah menemukan banyak yang diduga bangunan Candi Bumi Ayu di sekitaran TPU yang luasnya sekitar 500 meter.

“Untuk memastikannya tim arkeolog nanti akan kembali lagi ke PALI melakukan kajian mendalam,” kata Ema, Rabu (7/8).

Dengan banyak ditemukannya bangunan Candi Bumi Ayu ini, dia menerangkan, maka untuk sementara makam yang ada ditemukan bangunan candi disterilkan.

“Jadi sementara ini di sekitaran areal lainnya selain di tempat ditemukan bangunan candi, masih bisa digunakan warga setempat untuk areal pemakaman,” terangnya.

Lebih lanjut Ema menjelaskan, berbagai dugaan masih dikaji, apakah warga sebelumnya memindahkan bangunan candi atau memang sudah ada di TPU tersebut.

“Tim arkelog juga pernah menggali atau ekskapasi di dalam tanah di TPU itu, memang terdapat bangunan struktur peninggalan Candi Bumi Ayu,” jelasnya.

Sementara salah seorang warga Kecamatan Tanah Abang, Joko menambahkan, banyak ditemukan bangunan Candi Bumi Ayu tersebut dikarenakan di sekitar TPU sudah dilakukan pembersihan.

“Sebelumnya TPU ini dipenuhi tumbuh-tumbuhan. Jadi warga tidak pernah tahu kalau ada struktur batu bata bangunan Candi Bumi Ayu,” pungkasnya. JOE

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here