Home Headline News Baru Ditanam, Ratusan Hektar Sawah Terendam Banjir

Baru Ditanam, Ratusan Hektar Sawah Terendam Banjir

0
Ratusan Hektar Sawah di Desa Bukit Langkap yang terendam banjir.

MURATARA, PE- Tingginya intensitas curah hujan beberapa hari terakhir dan meningkatnya debit air sunggai, berdampak pada ratusan hektar lahan persawahan milik masyarakat Desa Bukit Langkap, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

Pasalnya dari informasi, ratusan hektar sawah yang baru saja ditanam sekitar dua minggu lalu oleh masyarakat, saat ini bak hamparan lautan karena sawah warga dilanda banjir akibat meluapnya air Sungai Dulu dan Sungai Lake, Minggu (09/02/2020), sekitar pukul 03.00 WIB dini hari.

Yuli (38), warga setempat yang memiliki lahan persawahan disana mengatakan, Kedatangan air mulai meningkat serta merendam persawahan masyarakat sekitar jam 03.00 pagi tadi, dengan ketinggian air hingga mencapai pinggang orang dewasa. Bahkan, jalan menuju lahan pertanian juga ikut tenggelam.

Hal yang sama juga disampaikan Asrul (43). Menurut dia, jika banjir bandang hanya merendam lahan persawahan hanya semalam, ada kemungkinan padi yang baru ditanam masih bisa terselamatkan. Walaupun ada yang rusak atau mati, setidaknya dia masih bisa tuman (tanam sisip) kembali.

“Tetapi jika lebih dari satu malam, maka bibit padi yang ditanam dipastikan banyak yang mati serta rusak padi yang membusuk serta akan dimakan hewan air seperti keong maupun ikan. Kami berharap jika banjir ini lebih dati satu malam, adanya solusi dan bantuan dari Pemerintah kepada petani dapat melakukan tanam kembali,” harapnya.

Kepada Dinas Pertanian, dia minta, juga kiranya dapat turun dan meninjau langsung lokasi persawahan itu. “Sebab lahan sawah warga ini usia padinya baru dua minggu ditanam sudah terendam banjir. Dengan turun langsung, mungkin ada solusi terbaik untuk para petani disini,” pintanya. SON

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here