Home Ekonomi Berbeda dengan Kue Kering, Kue Basah Masih Sepi Peminat, Ini Penyebabnya

Berbeda dengan Kue Kering, Kue Basah Masih Sepi Peminat, Ini Penyebabnya

0

PALEMBANG, PE – Mendekati Hari Raya Idul Fitri, para pedagang kue baik kue kering maupun kue basah di Kota Palembang mulai ramai menjual aneka jenis kue untuk menghiasi toples kue hari raya. Berbeda dengan kue kering yang mulai banyak diburu oleh masyarakat, permintaan akan kue basah menjelang hari raya Idul Fitri ini terbilang masih sepi.

Seperti di salah satu pusat penjualan kue basah yang berada di Pasar Cinde. Kebanyakan para pedagang kue basah belum mendapatkan pesanan kue basah. “Sudah dua tahun ini sepi, sekarang baru ada tiga pesanan kue basah, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya jauh sebelum lebaran sudah banyak yang memesan,” ungkap Atik, salah satu penjual kue di Pasar Cinde.

Dia mengakui, sepinya pesanan kue basah lantaran kurangnya halaman parkir kendaraan yang menyulitkan konsumen memarkirkan kendaraannya. “Kalau dulu kan sebelum dibongkar, kita berjualan di dalam, parkirannya luas, sekarang halaman parkir sudah dijadikan tempat jualan, jadi makin sepi yang datang ke sini,” jelasnya.

Senada diungkapkan Farida, yang juga penjual kue lebaran di Pasar Cinde, diakuinya belum ada pesanan kue basah di toko kue miliknya. “Ya sampai sekarang belum ada pesanan, biasanya sudah ada beberapa yang memesan, tahun ini masih sepi,”ungkapnya.

Ia berharap pesanan kue basah bisa bertambah di sepekan jelang lebaran. “Biasanya mulai banyak pesanan dan pembeli itu seminggu sebelum lebaran, bisa 10 sampai 20 loyang perhari terjual,”tambahnya.

Untuk harganya bervariasi tergantung jenis kue basah, seperti Kue Maksuba dijual dengan harga Rp140 Ribu perloyang, sementara Lapis Legit Rp130 Ribu, lalu Kue Lapan Jam Rp150 Ribu dan yang termahal Kue Lapis Tikar dijual Rp160 Ribu perloyang.

“Selain itu kami juga menjual kue basah lainnya seperti Engkak Ketan, Lapis Surabaya dan Bolu Nanas, juga ada kue kering seperti nastar, kue satu keju dan lain-lain,” sambungnya.

Untuk permintaan kue yang paling banyak dicari masyarakat masih kue Maksuba dan Lapis Legit. “Maksuba dan Lapis Legit yang paling banyak diborong konsumen, satu hari bisa lima sampai 10 loyang terjual,” tandasnya. BET

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here